28 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pakpak Bharat Gelar Seminar Adat dan Budaya Pakpak

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Salak (buseronline.com) – Guna menjaga kelestarian dan eksistensi adat budaya Pakpak serta Pakaian adat Pakpak tetap lestari sepanjang masa, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat menggelar seminar sehari di Gedung Serba Guna, Salak.

“Adat dan budaya Pakpak, serta pakaian adat Pakpak yang kita punya adalah kekayaan yang tidak ternilai dan perlu kita jaga dan lindungi agar tetap lestari. Untuk tujuan itulah kita adakan seminar ini, kita perlu membuat suatu pemahaman bersama tentang adat budaya kita ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pakpak Bharat Drs Bambang Sunarjo Banurea MM, Sabtu (26/11/2022).

Sebelumnya, seminar yang dilaksanakan, 24 November 2022, dibuka Wakil Bupati Pakpak Bharat H Mutsyuhito Solin serta turut dihadiri oleh sejumlah Anggota Komisi III DPRD Pakpak Bharat, perwakilan Pengurus Sulang Silima Marga dan Lebbuh dari seluruh wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, para praktisi adat serta undangan lainnya.

Dalam seminar ini telah disepakati dua rancangan peraturan bupati tentang Lembaga Adat Sulang Silima Marga-marga Pakpak Suak Simsim dan Pakaian Adat Tradisional Pakpak di Kabupaten Pakpak Bharat.

Selain itu juga di sepakati bersama teknis dan waktu pelaksanaan Kerja Menanda Tahun di masing-masing Lebbuh yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat.

Seminar ini menjadi sangat penting mengingat keberadaan Lembaga Adat Sulang Silima dan Pakaian adat Pakpak adalah elemen yang sangat penting bagi bumi “Bage Ate Rezeki Bage Tennah Sodip” ini.

Saran dan masukan dari para peserta seminar menjadi hal menarik dalam diskusi ini. “Kita berharap diskusi dan musyawarah terbuka ini menjadi motivasi bagi kita untuk tetap bersatu menjaga dan melestarikan adat dan budaya kita di Kabupaten Pakpak Bharat tercinta ini.

Terimakasih kami sampaikan kepada seluruh undangan dan tokoh-tokoh adat dari setiap marga atas kehadiran dan partisipasi berupa saran dan masukan positif terhadap peraturan bupati ini,” ungkapnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru