25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Jelang HBKN, Pemkab Sergai Gelar Pasar Murah Bagi Buruh dan Pekerja

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Pemkab Sergai menggelar pasar murah bagi para buruh dan pekerja di Halaman PT Regal Springs Indonesia (RSI) Desa Nagakisar, Kecamatan Pantaicermin, Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai H Darma Wijaya mengatakan pelaksanaan pasar murah ini dilakukan untuk menekan harga bahan pokok di pasaran yang biasanya mengalami peningkatan menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN).

“Kali ini, kita siapkan 1.500 paket sembako untuk para pekerja di Kabupaten Sergai. Diharapkan, kegiatan ini mampu menstabilkan harga serta memastikan ketersediaan bahan sembako aman di pasaran,” katanya, Sabtu (26/11/2022).

Ia mengatakan pemerintah juga memberikan diskon hingga 30 persen dari setiap harga sembako.

“Jika harga beras di pasaran Rp11.500 per kilogram, di sini kita diskon menjadi Rp8.000 per kilogram. Begitu juga telur, dari Rp1.650 per butir, kita diskon menjadi Rp1.250 perbutir. Untuk gula pasir dan minyak goreng, dari harga Rp14.000 per kilogram kita diskon menjadi masing-masing Rp10.000 per kilogram,” jelasnya.

Selain diskon dari pemerintah, lanjut bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini, pada pelaksanaan pasar murah ini, juga diberikan diskon Rp10.000 bagi setiap pembelian menggunakan uang elektronik QRIS.

“Diskon dari pemerintah 30 persen, ditambah lagi diskon dari BI Rp10.000, udah murah kali ini. Kami tentu akan terus berupaya hadir di tengah masyarakat, khususnya buruh dan pekerja. Karena saya tau betul kehidupan seorang butuh, karna ayah saya juga buruh, kami hidup sederhana bersama 6 saudara saya lainnya. Jadi, kalau ada masalah buruh ini, didemo saya sama buruh, saya tidak akan menghindar, saya akan hadapi karena saya juga pernah berada di posisi bapak/ibu pekerja,” tegasnya.

Ia juga mengharapkan kepada perusahan, khususnya PT RSI untuk mengembangkan kualitas SDM pekerja dengan memberikan kesempatan berwirausaha bagi pekerjanya.

“Misalnya beternak sapi, kambing, ayam, itik, ikan dan lain-lain. Kita harus berinovasi, bekerja keras. Kami punya visi misi Sergai maju terus, mandiri, sejahtera dan religius. Ini bisa diwujudkan dengan memberikan kesempatan kepada karyawan mengembangkan SDMnya,” tuturnya.

Wakil Bupati Sergai H Adlin Tambunan menambahkan jika perkembangan teknologi membuat harus mengikutinya. Pengembangan sistem pembayaran yang dulunya konvensional, kini mulai berubah ke digitalisasi.

“Dengan pembayaran non tunai, transaksi akan lebih aman, nyaman dan cepat. Selain itu, banyak diskon dan kemudahan yang diberikan melalui transaksi non tunai,” katanya.

Sementara, Deputi Direktur Bank Indonesia Wilayah Sumut Nasrullah mengatakan Bank Indonesia memiliki tugas otoritas moneter dan sistem pembayaran Indonesia. Selain itu, pihaknya juga konsen mengendalikan inflasi.

“Jadi, segala upaya yang menekan inflasi kami dukung. Kami juga fokus menyosialisasikan digitalisasi sistem pembayaran. Kita upayakan pembayaran tidak lagi konvensional, namun sudah digital kedepannya,” ujarnya.

Head of Corporate Affairs PT RSI, Andrew Rooroh mengatakan sebagai salah satu perusahaan dengan lebih dari 1.400 orang karyawan yang berdomisili di Sergai, pihaknya sangat mendukung upaya pemerintah daerah dalam penyediaan akses yang mudah serta harga yang terjangkau terhadap bahan-bahan kebutuhan pokok yang diprioritaskan khusus untuk para pekerja, terlebih di kondisi jelang akhir tahun seperti saat ini.

“Tentunya kami berharap, kegiatan ini juga dapat membantu karyawan dan masyarakat menghadapi perekonomian yang masih dalam kondisi kurang bagus, dan pengembangan UMKM serta ekonomi di Sergai,” katanya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru