26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Nias Barat Raih Harapan I Lomba Inovasi Daerah Sumut 2022

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Nias Barat (buseronline.com) – Pemkab Nias Barat menerima hadiah dan penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang diserahkan langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Selasa lalu.

Adapun manfaat inovasi aplikasi santunan duka layak menjadi juara menurut Ketua Dewan Juri Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumut Prof Dr Ir Harmein Nasution MSIE IPU karena dapat meningkatkan manajemen atas inovasi yang dikelola secara profesional untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

“Selain itu lomba inovasi daerah bisa menjadi memotivasi untuk mempercepat pertumbuhan kinerja organisasi,” katanya, Sabtu (10/12/2022).

Sementara itu, Gubernur Edy dalam arahannya mengatakan bahwa Lomba inovasi daerah mendorong agar OPD dan daerah kabupaten/kota dapat terus menciptakan inovasi-inovasi.

“Inovasi ini membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada dan bermanfaat bagi orang lain,” katanya.

Sementara Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan keberhasilan yang diperoleh merupakan kerjasama yang baik serta kerja keras semua OPD di Kabupaten Nias Barat.

“Tidak gampang meraih ini. Dari 33 kabupaten/kota se Sumut, kita berhasil menjadi juara Harapan I, ini adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama seluruh OPD di Kabupaten Nias Barat. Kiranya hal ini menjadi motivasi bagi seluruh OPD dan ASN untuk lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Adapun program pemberian santunan duka merupakan programnya sebagai Bupati yang dilatarbelakangi oleh rasa kepedulian untuk mengurangi beban bagi keluarga yang mengalami duka.

Maka untuk membantu mempercepat pelaporan data kematian dan mempercepat penyaluran santunan duka kepada keluarga yang mengalami duka, dibangun Aplikasi Santunan Duka berbasis website yang dikelola Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat.

“Pemberian santunan duka tersebut sangat bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat terutama untuk membantu memenuhi pembiayaan pemakaman seperti biaya peti mati, biaya acara adat, dan kemudahan pengurusan dokumen kematian,” sebutnya.

Disamping itu juga masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah daerah pada setiap kondisi yang mereka alami, dan bukti kepada masyarakat bahwa pemerintah daerah hadir untuk berbuat dan melayani masyarakat untuk Soguna Ba Zato.

Berita Lainnya

Berita Terbaru