28 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Pemko Sibolga Selenggarakan Sekolah Siaga Kependudukan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sibolga (buseronline.com) – Kegiatan advokasi, sosialisasi dan fasilitasi pelaksanaan pendidikan kependudukan jalur formal di satuan pendidikan SD/MI dan SLTP/MTS, dilaksanakan di Aula Kantor Camat Sibolga Kota.

Wali Kota Sibolga diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemko Sibolga Drs Yasman MM menyampaikan secara umum, Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) bertujuan memberikan arah dan pedoman bagi penangung jawab dan pengelola pendidikan, guru, pembina, dalam melakukan penggarapan program kependudukan, KB dan pemberdayaan keluarga.

“Lewat acara itu, para siswa/i diharapkan mampu menempatkan dirinya sebagai SDM yang berkualitas dengan memberikan materi dan edukasi serta mengembangkan SSK tingkat dasar menuju tingkat paripurna,” katanya, Selasa (13/12/2022).

“Dan dapat memberikan pemahaman kepada pelajar untuk memberikan masa depan mereka, serta siswa dapat terjun langsung untuk mempelajari dinamika kependudukan,” tambahnya.

Dengan edukasi sejak dini, ia mengatakan siswa lebih peduli terhadap permasalahan-permasalahan kependudukan yang ada dan mampu memberikan edukasi juga terhadap masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Dinas PPKB Kota Sibolga Rahmi Fauzia SST, Camat se Kota Sibolga.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Pada Dinas PPKB Kota Sibolga Astri Lelly Siahaan SSos menyampaikan adapun nara sumber pada kegiatan itu adalah dari SSK SMA Negeri 2 Sibolga, dari Dinas PPKB Kota Sibolga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga, Dinas PMK, PP dan PA Kota Sibolga.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah sebanyak 200 orang, yang mana peserta ini dibagi dua, pada hari ini pesertanya sebanyak 100 orang dan besok harinya 100 orang.

Perserta ini terdiri dari Kepala sekolah SLTP/MTs se Kota Sibolga, Kepala sekolah SD/MI se Kota Sibolga, Guru BK SLTP/MTs se Kota Sibolga, siswa SLTP/MTs se Kota Sibolga, pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga.

Penyuluh KB ASN BKKBN Nasional dan petugas lapangan KB se Kota Sibolga, serta Duta Genre Kota Sibolga. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari tanggal 12-13 Desember 2022.

Kegiatan ini dirangkai dengan penanda tanganan komitmen bersama pelaksanaan pendidikan kependudukan jenjang SD/MI, SLTP/MTs, di Kota Sibolga tahun 2022, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari nara sumber dan diskusi tanya jawab.

Berita Lainnya

Berita Terbaru