27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

YKI Nias Utara Laksanakan Sosialisasi dan Pemeriksaan Screening Kanker Leher Rahim

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Lotu (buseronline.com) – Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Nias Utara melaksanakan sosialisasi pencegahan kanker leher rahim (ca cerviks) dan pemeriksaan sreening kanker leher rahim dengan metode iva test.

Ketua YKI Cabang Kabupaten Nias Utara Ny Arismanwati Amizaro Waruwu menyampaikan bahwa penyakit kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada wanita setelah kanker payudara, kurang lebih 36.000 kasus terkena kanker di Indonesia yang di akhiri dengan kematian.

Peserta kegiatan ini berasal dari ibu-ibu TP PKK Kabupaten Nias Utara sebanyak 65 orang dari 11 kecamatan, ibu-ibu dari DWP Kabupaten Nias Utara sebanyak lima orang dan hadir Sekretaris YKI Cabang Provinsi Sumut Dr Siti Zahara Nasution SKp MNS sebagai narasumber bersama rombongan.

Ny Arismanwati Amizaro Waruwu berharap kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tertib, sehingga ilmu serta informasi yang disampaikan oleh narasumber dapat diterapkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu gambaran umum penderita kanker di Kabupaten Nias Utara. Pencegahan deteksi dini dan penanganan kanker serviks dan vaksin kanker leher rahim.

Kepala Dinas Kesehatan Nias Utara Yaadil Telaumbanua SKM MKM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dalam melakukan pencegahan dan mewaspadai penyakit kanker, untuk mendeteksi kanker leher rahim yaitu dengan melakukan pemeriksaan IVA test.

Ia mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kegiatan ini dapat sukses dan juga bisa di sosialisasikan diberbagai organisasi untuk melakukan pencegahan.

Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega APi MSi menyampaikan bahwa adanya penyakit dipengaruhi kurangnya pola hidup sehat dan makan makanan sembarangan, dan juga dipicu melakukan seks bebas serta dipicu oleh berkeluarga pada usia dini.

Ia menyampaikan terkhusus untuk ibu-ibu supaya menjaga pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang baik dan minum air yang bersih, serta menghindari keseringan mengkonsumsi obat-obatan sehingga masyarakat Nias Utara bebas dari penyakit kanker,

“Dan juga mengharapkan kepada peserta untuk mempelajari, memahami materi yang dipaparkan oleh narasumber sehingga penyakit kanker ini dapat di cegah,” harapnya.

Pada kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Direktur RSU Pratama Kabupaten Nias Utara, Ketua dan Anggota TP PKK Kabupaten Nias Utara, Ketua dan Anggota DWP Kabupaten Nias Utara, dokter dan tenaga medis lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara.

Ketua dan Anggota TP PKK Kecamatan se Kabupaten Nias Utara, ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, dan undangan Lainnya. Kegiatan ini dibuka secara resmi Wakil Bupati Nias Utara Bapak Yusman Zega APi MSi yang dilaksanakan di Aula Pendopo Bupati Nias Utara.

Berita Lainnya

Berita Terbaru