32 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Sambut Tahun Baru 2023, PLN Medan Siapkan 163 Personil Amankan Listrik

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Manager PLN UP3 Medan Ediwan mengatakan menghadapi Tahun Baru 2023, PLN Medan menyiapkan sedikitnya 163 petugas yang terdiri pelayanan teknis dan pegawai. Mereka siaga 24 jam dan siap melayani pengaduan masyarakat yang mengalami gangguan aliran listrik.

Bila ada gangguan listrik seperti padam listrik, pohon tumbang dan lainnya silahkan melapor lewat contak center (061)123 atau lewat PLN Mobile.

Hal itu dikatakan Ediwan didampingi Asman Keuangan dan Umum PLN UP3 Medan Rita Angraini menjawab wartawan di Medan.

Ediwan, ayah dua anak yang mulai bertugas di Medan sejak 1 Desember 2022 ini mengatakan, jumlah pelanggan PLN di Medan sekitar 486.802, dengan jumlah pengunaan dayanya hampir berimbang antara rumah tangga dengan bisnis (industri).

Ediwan yang pernah sebagai Manager Perencanaan di PLN UID Aceh dan pernah sebagai manager di Meulaboh dan Banda Aceh, mengaku senang ditugaskan di Medan.

Banyak hal yang berbeda ke arah positif di Kota Medan. Rasa kekerabatan warga Medan sangat kompak dan terasa. Kalau masalah tuntutan pelanggan, tentu hampir sama, semuanya ingin listrik tetap menyala dan tagihan tidak membengkak.

“Kalaupun ada yang bilang orang Medan keras, tetapi bagaikan kue Bika Ambon, di luar keras, tetapi di dalamnya lembut dan enak,” katanya.

Menurutnya, untuk pengamanan listrik Natal dan Tahun Baru (Nataru) itu sesuai instruksi PLN Pusat. Disiapkan posko siaga mulai 19 Desember 2022 sampai 4 Januari.

“Kita koordinasi dengan stakeholder dan petugas keamanan di daerah ini. Sampai saat ini semuanya masih aman dan terkendali. Kalau di Medan ini beban puncaknya sekitar 350 MW,” ujarnya.

Dijelaskannya, petugas yang disiagakan meliputi Petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) 12 orang, pegawai 15 orang, petugas piket 8 orang dan pelayanan teknis (yantek) 128 orang.

Mereka ini dilengkapi dengan kenderaan mobil, sepeda motor, genset, kren , gardu/trafo yang bergerak dan lainnya. Ada 96 titik dan 63 titik diantaranya adalah gereja yang jadi prioritas pantauan pihaknya.

Ia menjelaskan pelanggan boleh mengadu dan kemudahan yang diperoleh lewat PLN Mobile, bisa melapor bila ada padam listrik, beli token, bayar tagihan, melakukan pengaduan, mengajukan pasang baru, tambah daya dan lainnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru