25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Pemko Sibolga Serahkan Bantuan Bagi Pelaku UKM

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sibolga (buseronline.com) – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan (KUKMK) Kota Sibolga menyerahkan bantuan peralatan dan bantuan steling bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Sibolga, di Gedung Nasional Kota Sibolga.

Bantuan ini diserahkan langsung Wakil Wali Kota Pantas Maruba Lumbang Tobing, Ketua TP PKK Kota Sibolga Hj Farida Hanum Siregar, Ketua Dekopin Kota Sibolga Lumsedia Sitompul SPd MM, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Josua Hutapea SSos, Plt Kadis PMK, PP & PA Kota Sibolga Tatik Haryati Tanjung SH.

Hadir pada penyerahan ini, para Camat dan Lurah se Kota Sibolga, pengurus PKK Kota Sibolga, serta para pelaku UKM yang menerima bantuan.

Pantas Lumban Tobing menyampaikan harapannya bagi pelaku UKM di Kota Sibolga, semoga ke depannya akan tumbuh pelaku-pelaku usaha yang tangguh, mandiri dan memiliki daya saing yang handal.

“Saat ini sangat dibutuhkan UKM yang mampu menguasai pasar dan memanfaatkan teknologi informasi, khususnya untuk memasarkan produknya secara online pada marketplace yang ada, untuk meningkatkan nilai jumlah produksi usaha dan guna memperluas akses pemasaran produk. Terima kasih kepada Dinas KUKMK yang telah bekerja keras dalam menjalankan kegiatan ini,” ucapnya.

Sedangkan, Rina Lamrenta Lumban Tobing mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu meningkatkan produksi dan pengembangan UKM di Kota Sibolga, mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, dan untuk mendukung visi misi Wali Kota Sibolga mewujudkan Sibolga sehat, pintar dan makmur.

Bantuan ini bersumber dari Dana Insentive Daerah (DID), sebanyak 73 orang yang menerima bantuan terdiri dari pelaku UMKM usulan dari kelurahan se Kota Sibolga, pelaku UMKM binaan UP2K PKK Kota Sibolga, dan pelaku UMKM pembinaan Dinas KUKMK Kota Sibolga.

Bantuan yang diberikan berupa steling makanan sebanyak 33 unit, peralatan usaha sebanyak 40 paket.

Pemko Sibolga melalui Dinas KUKMK Kota Sibolga juga menerima bantuan dari Dinas KUKMK Provinsi Sumut sebanyak tiga kali dengan rincian, bantuan sarana usaha kepada 35 pelaku UMKM Kota Sibolga, bantuan Koperasi Perikanan yang sudah diserahkan pada tahun 2022.

Kemudian, bantuan sarana kelembagaan koperasi untuk penguatan koperasi yang modern berbasis digital yang juga sudah diserahkan pada tahun 2022.

Berita Lainnya

Berita Terbaru