30 C
Medan
Rabu, Februari 21, 2024

Humas: Tidak Benar Kalau Tiang Listrik PLN Jadi Penghambat Proyek Multiyears

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Manager Komunikasi dan TJSL /Humas PLN UID Sumut Yasmir Lukman mengatakan PLN tentu akan mendukung penuh seluruh program pemerintah terutama terkait pemerataan pembangunan sarana dan prasarana umum.

PLN akan senantiasa bekerja sama dalam mempercepat setiap program yang akan dijalankan pemerintah. Terkait kondisi ini, kami persilahkan untuk berkoordinasi ke Unit PLN terdekat yaitu PLN UP3 Bukit Barisan.

Hal itu dikatakan Yasmir menjawab wartawan di Medan, Selasa (17/1/2023) terkait dengan adanya pemberitaan 135 tiang listrik di sepanjang jalan Kutalimbaru- Dusun Sembaikan jadi hambatan pembangunan proyek Multiyears Rp2,7 T jalur sejajar Medan Berastagi via Kutalimbaru terkendala.

Seperti diberitakan, Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting menegaskan, proyek pembangunan jalan dan jembatan yang dikerjakan secara multiyears berbiaya Rp2,7 triliun, khususnya paket proyek di jalur sejajar Medan-Tuntungan-Kutalimbaru-Dusun Sembaikan hingga tembus Desa Jaranguda Berastagi, Karo, terkendala akibat terhalang 135 titik tiang listrik.

Dikatakan Yasmir, dalam hal pemindahan utilitas PLN seperti jaringan listrik, jika menyebabkan padam aliran listrik semua biaya akan ditanggung oleh pemohon. Terkait proyek pembangunan dan perbaikan jalan oleh pemerintah dikecualikan dalam hal ini.

Perlu diketahui bahwa PLN UP3 Bukit Barisan selalu berkoordinasi dengan pelaksana proyek pemerintah ini, sudah ada 16 batang tiang listrik yang dipindahkan sesuai permintaan kontraktor pekerjaan.

“Di lapangan sendiri dipastikan selalu ada komunikasi dan kerjasama dengan kontraktor pekerjaan pelebaran jalan dimaksud,” katanya.

Untuk pekerjaan pemindahan tiang-tiang dimaksud, PLN akan selalu berkoordinasi dengan kontraktor dan pengawas pekerjaan terkait letak dan posisi tiang yang diinginkan agar semua pekerjaan berjalan dengan baik dan lancar.

Ia mengatakan jika masih mampu diakomodir dengan anggaran berjalan. Proses pemindahan tiang akan berjalan terus sesuai permintaan dan PLN akan terus berkoordinasi.

Ditanyakan jadi tidak benar kalau tiang listrik PLN jadi penghambat proyek tersebut. Ia menegaskan tidak.

“Seharusnya kontraktor terus bekerja sama dengan PLN Bukit Barisan (di Berastagi-red,” tegasnya.

Ungkapan Baskami Ginting disampaikan kepada wartawan, Senin (16/1/2023), di DPRD Sumut, seusai melakukan peninjauan ke lokasi jalur sejajar di Dusun Sembaikan, Kecamatan Sukamakmur dan Kecamatan Kutalimbari, bersama Kadis PUPR (sebelumnya Dinas BMBK) Sumut Bambang Pardede beserta sejumlah staf Marlindo, pihak rekanan PT Sumber Mitra Jaya (SMJ), Camat Kutalimbaru Avro Wibowo, Kades Sukamakmur Bachtiar Ginting dan tokoh masyarakat Mbelin Brahmana.

“Dari penjelasan PT SMJ yang mengerjakan paket proyek multiyears tersebut, mereka memiliki kendala untuk melanjutkan pembangunan jalur sejajar, terutama masih belum dipindahkannya 135 titik tiang listrik di bahu dan badan jalan dari Desa Kutalimbaru hingga Dusun Sembaikan,” katanya.

Jangankan untuk melebarkan jalan, kata Baskami, untuk membuat drainase saja PT SMJ terhalang, sehingga target menyelesaikan proyek multiyears di tahun 2023 ini bisa terhambat, jika PT PLN tidak segera memindahkan tiang listriknya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru