27.8 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

LPTQ Kabupaten/Kota Diminta Atasi Kekurangan GPAI di Sekolah

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Berdasarkan data dari Kementerian Agama Sumut, ada sebanyak 1.289 sekolah berbagai tingkatan yang tersebar di kabupaten/kota se Sumut tidak memiliki Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI).

Oleh karena itu, pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Sumatera Utara (LPTQ Sumut) Kabupaten/Kota diminta turut mendukung upaya mengatasi kekurangan GPAI di sekolah SMA/SMK yang masuk wilayah Pemprov Sumut.

“Saya mendapatkan data dari Kementrian Agama Sumut ada 1049 unit SD yang tidak memiliki GPAI, 161 unit SMP dan SMA/SMK 79 unit, ini harus menjadi perhatian kita bersama. LPTQ harus turun gunung mendata, kita carikan solusi agar ini bisa terpenuhi,” kata Ketua Umum LPTQ Sumut Asren Nasution pada Pembukaan Rapat Koordinasi LPTQ Sumut dan Kafilah Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman, Nomor 41 Medan.

Menurutnya, guru agama memiliki peran penting sebagai garda terdepan setelah orang tua dalam pendidikan keagamaan bagi anak-anak di sekolah. Selain itu, kehadiran seorang GPAI akan membawa pemahaman dan perubahan moral peserta didik tentang keagamaan.

“Ini PR kita, jangan kita tuntut mereka untuk bisa melek membaca Quran tetapi basic atau dasarnya masih kita temukan permasalahan,” kata Asren Nasution yang juga Kadis Pendidikan Sumut.

Terkait masalah sekolah (SD dan SMP) yang menjadi kewenangan bupati/wali kota, Asren akan menyampaikan secara langsung untuk bersama mencari solusi atas permasalahan tidak dimilikinya GPAI di sekolah tersebut.

“Saya akan sampaikan kepada bapak bupati dan wali kota agar ini bisa dibantu dan untuk sekolah SMA dan SMK yang menjadi kewenangan provinsi, saya akan turun langsung mencarikan solusinya,” katanya.

Ketua Panitia Rakor LPTQ Sumut Palit Muda Harahap mengatakan Rakor ini membahas pelaksanaan Seleksi Tilawati Quran dan Hadits ke-18 Tingkat Provinsi Sumut yang akan dilaksanakan di Kabupaten Padanglawas pada Mei 2023 mendatang.

Palit berharap dukungan semua pihak untuk mendukung kesuksesan STQH ini, sehingga diharapakan mendorong umat Islam khusunya generasi muda mempelajari Alquran, termasuk memahami dan melaksanakan nilai-nilai keutamaan dalam Alquran untuk terciptanya generasi muda Islam yang berkualitas serta mampu menjadi teladan.

Rakor LPTQ bertemakan “Menyamakan Persepsi dan Komitmen dalam menyongsong dan mensukseskan STQH ke-18 tahun 2023, Menuju Sumut Bermartabat” dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Padanglawas Arpan Nasution, pengurus LPTQ Sumut dan kabupaten/kota serta Kafilah khusus dari TNI/Polri, perusahaan dan perguruan perguruan tinggi.

Berita Lainnya

Berita Terbaru