24 C
Medan
Selasa, Februari 27, 2024

Perhati BKL Sumut Gelar Sent Up Perdana

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala dan Leher Indonesia (Perhati-BKL) Sumut menggelar 1st Sumut ENT Update (Sent Up) di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan.

Rangkaian seminar dan lunch symposium yang menghadirkan pembicara dari 9 divisi THT BKL FK USU serta terakreditasi IDI ini diharapkan meningkatkan kualitas keilmuan dan keterampilan di bidang THT BKL.

“Seiring perkembangan keilmuan dan teknologi kedokteran, kita dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensi. Untuk itu, Sent Up kita harapkan menjadi agenda tahunan Perhati BKL Cabang Sumut, di mana perkembangan terkini di
9 divisi keilmuan THTBKL menjadi menu utamanya,” kata Ketua Perhati BKL Cabang Sumut dr Wijaya Juwarna MKed (ORL-HNS) SpTHT-KL F Rinologi.

Dalam kesempatan itu juga, Wijaya Juwarna menegaskan dokter di Indonesia tidak kalah dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. “Kita tidak kalah dari negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Kita hanya sedang ‘tertidur nyenyak’ di negara yang begitu kaya akan sumber daya alamnya,” ungkapnya.

Ia mengibaratkan seperti harimau. Indonesia punya banyak harimau, hanya saja karena makanan mudah didapat,
membuat harimau tidur kekenyangan. Sementara di negara tetangga, hutan mereka hanya memiliki sedikit sumber makanan, sehingga harimau harus selalu bergerak, melompat, berenang, berlari kalau perlu harus terbang untuk mendapatkan sumber makanan, sehingga menjadikan harimau mereka lebih waspada, berotot dan tangkas.

“Tanpa kita sadari hal ini membuat kita mengecilkan diri kita. Sudah saatnya bangun dari tidur yang panjang, saatnya bangkit bersama saling membesarkan potensi demi kemajuan di masa yang akan datang. Ke depan Sent Up harus terus bergulir di setiap tahunnya. Kita pasti bisa,” tegasnya.

Ia juga mengapresiasi dukungan Departemen THTBKL FK USU, IDI Wilayah Sumut, para guru besar, senior, dan sejawat anggota biasa dan muda Perhati BKL Cabang Sumut dan Panitia serta PT Interbat yang telah memberikan segala potensi, sehingga acara Sent Up yang pertama ini dapat terlaksana.

Kegiatan ini dibuka Ketua IDI Sumut dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL. Dalam kesempatan itu, dia menekankan soal mental melayani seorang dokter.

“Masyarakat atau pasien datang ke kita dalam kondisi, kebatinan dan emosinya dalam titik terendah, karena ada sesuatu yang membuat dia tidak nyaman karena penyakitnya. Maka karena dari dokter itu adalah semangat pelayanan, maka rasa empati dan kasih sayang kepada pasien harus muncul. Mental melayani seorang dokter ini jangan sampai hilang dan tercabut dari seorang dokter rasa melayani itu,” ungkapnya.

Dia juga mengapresiasi kegiatan Sent Up perdana ini. “Kita memahami ini betul bahwasanya pendidikan dokter THT itukan waktunya terbatas. Begitu mereka memenuhi hak dan kewajibannya maka kita harus selesaikan dia sebagai dokter THT. Dengan ada acara seperti ini, kita upgrade lagi perkembangan-perkembangan THT. Maka kita harapkan teman-teman di daerah mengupdate itu semua,” sarannya.

Sedangkan Ketua Panitia dr Carlo Maulana Akbar MKed (ORL-HNS) SpTHT-KL menambahkan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dengan para senior dan guru besar.

Adapun pembicara dalam kegiatan tersebut yakni dr M Pahala Hanafi Harahap SpTHT BKL Subsp Oto (K) MKed (ORL-HNS) (Otologi), dr Adlin Adnan SpTHT BKL Subsp NO (K) (Neurotologi), Dr dr HR Yusa Herwanto SpTHT BKL Subsp Kom (K) MKed (ORL-HNS) (THT Komunitas), Dr dr Ferryan Sofyan SpTHT BKL Subsp Rino (K) MKes (Rinologi), Dr dr Lia Restimulia SpTHT BKL (Alergi-Imunologi).

Kemudian dr M Arfiza Putra Saragih SpTHT BKL (Faring-Laring), dr Aliandri SpTHT BKL Subsp BE (K) (Bronko-Esofagologi), dr Ashri Yudhistira SpTHT BKL Subsp Onk (K) (Onkologi) dan dr Ramlan Sitompul SpTHT BKL Subsp FPR (K) (Plastik Rekonstruksi), dr Amran Simanjuntak SpTHT BKL Subsp Rino (K) (Lunch Symposium).

Sementara moderator dr Agussalim Sp THT BKL, dr Fauziah Henny SpTHT BKL, dr Zuraidah Nasution SpTHT BKL, dr Beresman Sianipar Sp THT BKL dan dr Fiza Fadly SpTHT BKL MKed (ORL-HNS).

Hadir sejumlah guru besar dan senior Prof Dr Delfitri Munir dan lainnya, Ketua Departemen THTBKL FK USU
Dr dr Andrina YM Rambe SpTHT BKL Subsp Rino (K), sejawat anggota biasa dan anggota muda Perhati BKL Cabang Sumut, perwakilan PT Interbat, Waazaro Zega, Darmanto dan Elyanto Purba dan lainnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru