27.8 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Gubernur Sumut Minta Pengprov PASI Tambah Target Medali Emas di PON XXI/2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyambut kedatangan Tim Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengprov PASI) bersama atlet dan pelatih di Rumah Dinasnya, Jalan Jenderal Sudirman, Nomor 41 Medan.

Dalam pertemuan itu, cabang olahraga (Cabor) ini diminta menambah target raihan medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 mendatang.

“Saya gak yakin kalau Sumut ini tidak dapat juara. Karena kita punya kemampuan dan tinggal bagaimana melakukannya (memaksimalkan). Kalau kata orang kita terlambat, itu lebih baik daripada tidak sama sekali,” ujarnya di hadapan Pengprov PASI, atlet dan para pelatih Cabor atletik yang masuk tiga besar pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas), tiga pekan lalu.

Kedatangan tim dari Pengprov PASI pimpinan David Luther Lubis itu, menjadi kesempatan baik dan tepat bagi Gubernur Edy untuk menyampaikan pesan, sekaligus apresiasi, serta penghargaan atas prestasi yang sudah diraih dalam periode setahun terakhir.

Meskipun diakuinya, pertemuan itu sama sekali tidak terjadwal, namun justru hal itu membawa semangat dan optimisme, Sumut bisa mengukir prestasi luar biasa dari cabor Atletik.

“Ayo berbuat, saya mendukung kalian. Walaupun ini mendadak saja, tetapi lebih baik begini daripada kita jumpa acara-acara (besar), susah kita bicara. Pastinya saya ucapkan selamat atas prestasi,” sebutnya yang kemudian memberikan bonus kepada enam orang atlet serta lima orang pelatih berprestasi, masing-masing sebesar Rp10 Juta dan Rp5 juta.

Selain itu, Edy juga menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) saat ini tengah mengejar pembangunan sarana latihan sekaligus tempat penginapan (mess) untuk Cabor Atletik di kawasan Siosar, Kabupaten Karo.

“Nanti ditangani yang benar, saya akan dukung ini. Ada 45 medali di atletik, kalau targetnya hanya 8 (medali emas), kecil sekali. Paling tidak harus 25 medali. Ini juga kan sesuai jumlah penduduk kita yang besar, sekarang lebih kurang 16 juta. Apalagi cabang atletik nanti digelar di Sumut,” jelasnya.

Sementara, Ketua Pengprov PASI Sumut David Luther Lubis mengatakan bahwa pihaknya bersama pengurus, atlet dan pelatih telah mengikuti beberapa kompetisi dan kontestasi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) pada November tahun lalu. Kemudian Invitasi Kejurnas serta Student Athletics Championship (SAC) 2022 pada akhir Desember lalu.

“Dari ketiga kompetisi yang telah kami ikuti, semua berakhir dengan prestasi yang cukup baik. Yang dari dulu, sejak berdiri (Pengprov) PASI, Sumatera Utara tidak pernah masuk tiga besar. Kemarin kami mengalahkan Jawa Tengah dan Jawa Timur (tiga besar). Di atas kita ada Jawa Barat dan DKI Jakarta,” ungkapnya.

Menurutnya, jika pada PON XX Papua yang lalu, Sumut mendapat tiga medali emas, maka mereka menargetkan perolehan yang lebih baik untuk PON XXI/2024. Sebagaimana raihan pada Kejurnas yang baru saja diikuti.

“Mudah-mudahan kita mendapatkan pembinaan dan adik-adik bisa lebih berprestasi. Saya yakin dapat membantu kita menambah perolehan emas di PON XXI/2024 nanti,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru