28 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Pemko Sibolga Ikuti Sosialisasi UI GCM Rankings 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sibolga (buseronline.com) – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemko Sibolga Drs Yasman MM mengikuti peluncuran dan sosialisasi Universitas Indonesia Green City Metric (UI GCM) Rankings 2023 Untuk Kota di Indonesia.

Hal ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah kabupaten/kota membangun kota sesuai dengan prinsip “Sustainable Development Goals (SDG). Melalui Zoom meeting, di Ruangan Command Center Kantor Wali Kota Sibolga, Kamis (2/2/2023).

Kegiatan tersebut digelar UI GCM, yang telah mengembangkan pengukuran kualitas lingkungan kabupaten/kota di Indonesia, yang bernama UI GCM, yang dikenal sebagai satu-satunya dan yang pertama untuk pemeringkatan universitas di dunia dalam bidang berkelanjutan, dan juga sebagai pemeringkatan universitas di bidang keberlanjutan dalam melakukan suatu inovasi serta penyesuaian indikator agar penilaian terkait dengan keberlanjutan juga dapat dilakukan bagi kabupaten/kota di Indonesia melalui UI GCM.

Perkembangan dalam bidang berkelanjutan dirasa cukup penting tidak hanya bagi institusi pendidikan seperti universitas saja. Namun, perkembangan dalam bidang tersebut juga sangat penting bagi cakupan area/wilayah yang lebih luas lagi seperti kabupaten/kota.

Untuk itulah UI GCM mengajak seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia, untuk ikut berpartisipasi dalam memperkuat kebijakan, dan meningkatkan kinerja keberlanjutan kabupaten/kota, sekaligus melihat seberapa jauh usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan ataupun memperbaiki isu-isu keberlanjutan yang ada di Kabupaten/Kota.

Ketua UI Green Metric World University Rankings Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MM MSi menyampaikan momen ini terbaik untuk belajar bersama berdasarkan standar internasional yang telah ditetapkan sebelumnya untuk menciptakan kota yang cerdas, tangguh, berkelanjutan yang mampu memberikan dukungan bagi kesehatan yang baik dan kemakmuran bagi semua.

“Mudah-mudahan dengan acara dan sesi diskusi hari ini, pada akhirnya akan bermuara pada terwujudnya semua kerja sama kita untuk memastikan dan mewujudkan kota kita menjadi kota yang maju dan modern yang dapat kita wariskan kepada generasi penerus kita dalam kondisi baik dan mampu mendukung kehidupan yang layak dan bermartabat,” ujarnya.

Usai sambutan pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan UI GCM Rankings oleh para Narasumber dan diikuti kota seluruh Indonesia.

Berita Lainnya

Berita Terbaru