27 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Siswa-Siswi SMAN 1 Sibolangit Dimotivasi Lanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Negeri

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sibolangit (buseronline.com) – Akademisi Unimed Dr Dionisius Sihombing MSi diundang Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sibolangit Ebeneser Hutasoit, untuk memotivasi siswa-Siswi Kelas XII, di Kecamatan Sibolangit, Deliserdang,

Ebeneser Hutasoit menyebutkan kehadiran Dionisius Sihombing untuk mendorong siswa-siswi SMA Negeri 1 Sibolangit yang berniat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri agar memiliki kesadaran akan pentingnya studi lanjut.

“Dion sengaja hadir di sekolah kita ini agar anak-anak sadar akan pentingnya studi lanjut dan berkesiapan untuk itu,” katanya.

Dionisius menyampaikan motivasi dengan tema “Miliki Karakter Pemenang” yang disarikannya dari buku yang ditulisnya berjudul “15 Karakter Entrepreneurship Keutamaan Sang Pemenang”.

Siswa-siswi SMA Negeri 1 Sibolangit diajak mengenali tantangan zaman, ditandai lintasan ekonomi global (Asia) terbuka secara luas, memaksa individu dan entitas berkompetisi secara ketat dalam kegiatan ekonomi.

Selanjutnya ditambah dengan tantangan perkembangan teknologi informasi yang pesat, mengurangi peran tenaga kerja dalam kegiatan perekonomian dan memperbanyak peran teknologi, serta terjadinya pandemi Covid-19.

Berdampak kepada terhentinya banyak aktivitas perekonomian di sektor industri dan pemerintahan, berdampak luas kepada pemutusan hubungan kerja dan meniadakan pendapatan.

Menurutnya, situasi itu memaksa setiap orang untuk berubah, bahkan berubah secara serius dan mendobrak tradisi. Untuk bisa menghadapi tantangan zaman, suka atau tidak suka dan senang atau tidak senang setiap orang harus ‘berpikir gila’ atau tidak sekedar berubah, tapi harus berbeda tidak biasa-biasa saja. Karena perlu belajar lebih serius, mempersiapkan diri dengan maksimal dan berani keluar dari zona aman.

Dalam keperluan studi lanjut ke PTN, Dionisius Sihombing mendorong agar memilih jurusan yang menantang, sesuai tuntutan sekarang dan prospek keterserapan lulusan di masyarakat kelak sangat tinggi.

“Jangan sebatas melanjutkan studi, tapi pilihlah jurusan yang sesuai perkembangan zaman sekarang dan kedepan juga sangat dibutuhkan, seperti jurusan teknologi informasi, bisnis digital, psikologi, sarjana hukum kriminal teknologi informasi, dan lainnya,” kata Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Unimed ini.

Untuk bisa berhasil tampil beda kelak, lanjut Dionisius Sihombing, harus memiliki cita-cita maju, ingin berdiri dengan kekuatan diri dimana menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi, berdampak ekonomi dan sosial serta memiliki orientasi masa depan.

Lewat jalur pendidikan tinggi sangat dimungkinkan setiap orang beroleh kesempatan untuk dididik berpikiran maju, berinteraksi lebih luas dengan orang-orang sukses dan dapat memilih pekerjaan yang bernilai ekonomi tinggi serta berdampak sosial tinggi.

Dionisius Sihombing mendorong para siswa-siswi sebelum memilih jurusan di PTN tertentu agar mengenali potensi diri, berdiskusi dengan guru atau orang-orang yang tepat, mencari informasi luas tentang profil kampus yang dituju, dan meningkatkan wawasan pengetahuan bidang ujian yang dihadapi kelak. Dia berharap siswa-siswa SMAN1 Sibolangit banyak yang lulus memasuki PTN yang dituju nantinya. (Rel)

Berita Lainnya

Berita Terbaru