26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Program Pelatihan Digital Leadership Academy

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Samosir (buseronline.com) – Bupati Samosir diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang menghadiri program pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) yang dilaksanakan di Kantor Gubernur Sumut.

Kedatangan Hotraja bersama Kepala BKPSDM Rohani Bakara, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pilippi Simarmata, dan dari Dinas Kominfo Heri Purba. Pelatihan ini ikuti bupati/wali kota se Sumut serta pimpinan OPD yang membidangi empat klaster reformasi birokrasi.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo RI Dr Hary Budiarto MKom menyampaikan bahwa DLA merupakan program pelatihan pengembangan SDM dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dikhususkan untuk level pimpinan di sektor publik (kementerian, lembaga, pemerintah non kementerian, pemda, perguruan tinggi dan sektor swasta).

Tujuan diadakannya DLA ini untuk meningkatkan kapasitas para pemimpin dalam membangun kepemimpinan sehingga mendukung transformasi digital.

Latar belakang transformasi digital di Indonesia yaitu profil potensi internet di Indonesia yaitu meningkatnya pengguna e-commerce di Indonesia. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas, menciptakan inovasi dan mendorong percepatan prioritas pembangunan DLA.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam mendukung tematik arah Presiden yaitu reformasi birokrasi yang bertujuan peningkatan investasi, digitalisasi administrasi pemerintahan, pengentasan kemiskinan serta percepatan prioritas pembangunan.

DLA dirancang bersama universitas dunia yang bermitra dengan Universitas Cambridge. Dalam Sesi Acara yang sedang berlangsung diisi dengan Diskusi sesi tentang permasalahan terkait digitalisasi.

Diakhir Sambutannya DR.Hary Budiarto Menyampaikan bahwa Tujuan Akhir dari DLA adalah menjawab tantangan di era Masyarakat 5.0 dimana Masyarakat Yang Cerdas dalam digitalisasi.

Maka pemimpin harus cerdas, pemimpin yang mampu membuat keputusan dengan cepat, tepat dan valid. Menguasai pengolahan data digital.

Berita Lainnya

Berita Terbaru