24 C
Medan
Rabu, September 18, 2024

Ini Jumlah Kasus Baru Kanker Anak di Indonesia

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Indonesia mengalami 11 ribu kasus baru kanker anak hingga hari ini. Jenis terbanyak yang diidap adalah leukemia atau kanker darah.

Menurut Ketua UKK Hematologi Onkologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Teny Tjitra Sari SpA(K) MPH, salah satu tantangan jumlah kanker anak masih relatif tinggi adalah minimnya dokter di sejumlah provinsi.

“Tantangan yang kami hadapi, dokter konsultan onkologi di Indonesia masih sedikit, hanya 62. Jumlah ini juga tersebar di 25 provinsi dan terbanyak di bagian barat, tengah sedikit, timur tidak ada,” ujar Dr dr Teny saat dimintai keterangan media dalam kegiatan webinar International Childhood Cancer Day 2023, di Jakarta.

Selain itu, ketersediaan alat dan fasilitas pelayanan kesehatan juga masih terkendala. “Tidak semua rumah sakit mempunyai perawatan yang lengkap,” lanjutnya.

Obat-obatan untuk kanker anak juga masih terbatas impor. Hal ini berdampak pada ketersediaan obat termasuk di masa pandemi Covid-19 kemarin.

“Obat-obatan kanker anak ini juga sangat terbatas dan kebanyakan dari luar negeri. Bisa bayangkan saat kemarin Covid-19, obat sangat terhambat,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan Kemenkes RI terkait akses obat agar bisa dipenuhi kebutuhannya di sejumlah daerah.

“Harapannya, pemerintah dapat membantu pengadaan beberapa obat di Indonesia,” tuturnya mengakhiri.

Berita Lainnya

Berita Terbaru