27 C
Medan
Sabtu, Juli 20, 2024

JMSI Harus Dapat Menciptakan Ekosistem Pers Sehat dan Profesional

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik SE mengatakan kehadiran JMSI di Provinsi Sumut kiranya dapat menciptakan ekosistem Pers yang sehat dan profesional.

Hal itu disampaikan Farianda saat menghadiri pembukaan Rapat kerja (Raker) Jaringan Media Siber Indonesia Provinsi Sumatera Utara (JMSI Sumut) di Hotel Madani, Kamis (2/3/2023).

Untuk itu JMSI selaku konstituen dewan Pers dapat bekerjasama dan join, kompak sesama organisasi yang berbeda.

“Kita apresiasi kegiatan Raker dan mudah mudahan melahirkan hasil yang bermanfaat. Kehadiran JMSI dapat menjawab tantangan media siber di Sumut,” katanya.

Sementara itu Ketua Umum DPP JMSI yang diwakili pengurus pusat Coking Susilo Sakeh menyampaikan agar pemilik media online yang bergabung di JMSI Sumut harus mampu menjadi lokomotif pembangunan daerah.

Dapat menyajikan berita yang sifatnya membangun potensi daerah. “Ini pesan Ketua Umum, JMSI harus menjadi lokomotif pembangunan di daerah. Membangun solidaritas guna mendapatkan berita yang baik dan bermanfaat,” ujarnya.

Saat ini kata Choking, persaingan media online sangat ketat dan mendapat tantangan yakni banyak media menayangkan berita hasil copy paste dari media lain.

Padahal sangat dibutuhkan berita yang viral dengan berita yang berbeda hasil liputan wartawan. Dan tak kalah penting untuk mendapatkan berita yang bagus sangat berpengaruh dengan kesejahteraan wartawannya.

Untuk itu, kata Choking agar tantangan itu dapat dijalani maka JMSI harus melakukan konsolidasi internal sesama organisasi dan profesional.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Batubara yang diwakili Sekda Norma Deli Siregar menyampaikan sangat mendukung kehadiran JMSI yang diharapkan dapat menguatkan peran pers untuk mendukung pembangunan yang maju dan mandiri.

Peran pers sangat berpengaruh meningkatkan pembangunan. Untuk itu, mengajak senantiasa kesadaran berkomitmen meningkatkan kode etik jurnalistik. “Kita harap JMSI dapat menciptakan informasi yang transparan dan akurat,” ujarnya.

Dikuatkan lagi, Pers Sumut harus menjadi Pers yang terdepan menjadi barometer terhadap kehidupan pers daerah lainnya. Pers Sumut harus menjadi lokomotif penyampai informasi.

Pada kesempatan itu, Ketua JMSI Sumut Riyanto Aghly menyampaikan pelaksanaan rapat kerja guna penguatan organisasi untuk verifikasi. Raker diharapkan dapat berkolaborasi untuk menjalankan kontrol, edukasi untuk menyajikan informasi.
Juga tampil sebagai pembicara Kadis Infokom Sumut Ilyas Sitorus dan Kasubbid Penjas Poldasu AKBP Hermansyah.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru