25 C
Medan
Senin, Juli 15, 2024

Presiden RI Jokowi Minta Otoritas Terkait Segera Tentukan Harga Gabah

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jawa Timur (buseronline.com) – Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) meminta agar otoritas terkait segera menentukan harga gabah sebelum harga komoditas pangan tersebut tidak terlanjur jatuh di tengah panen raya di banyak daerah.

“Yang paling penting memang harga gabah harus segera ditentukan, jangan sampai harganya jatuh karena ini panen raya di mana-mana,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada media di Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (11/3/2023).

Presiden Jokowi mengatakan harga gabah ideal akan segera diumumkan badan pangan sehingga pembelian gabah kering panen (GKP) oleh Bulog menjadi jelas.

“Tapi yang paling penting jangan sampai jatuh di bawah biaya yang telah dikeluarkan para petani. Karena apa, ini panen raya gitu lho. Kalau nggak dijaga pasti harganya jatuh, baik gabahnya maupun berasnya,” jelasnya.

Presiden Jokowi mengatakan kesulitan yang dihadapi pemerintah adalah menyeimbangkan harga wajar di petani, pedagang dan konsumen, sehingga petani dan pedagang mendapatkan keuntungan namun konsumen tidak diberatkan.

Sementara untuk pupuk, menurut Presiden Jokowi, meski suplai nasional masih kurang, namun tidak ada keluhan dari petani di Ngawi.

Hal demikian disebabkan masing-masing daerah memiliki kendala yang berbeda.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru