26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Bupati Zahir Harapkan Sinergitas Pemdes dan BPD Untuk Percepatan Penyerapan APBDes

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Batubara (buseronline.com) – Guna mempercepat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dalam upaya membangun desa di Kabupaten Batubara, diperlukan adanya sinergitas antara pemerintah desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Hal itu disampaikan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP saat menghadiri sosialisasi percepatan penyerapan APBDes tahun anggaran 2023 yang berlangsung di Aula Singapore Land, Kecamatan Sei Balai.

“Pemerintah desa dengan BPD harus saling bersinergi, menjalin komunikasi yang baik, bekerjasama dan bermusyawarah guna membangun desa di Kabupaten Batubara,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga diikuti perwakilan DPRD Batubara Citra Muliadi Bangun, Ketua TP PKK Batubara Ny Hj Maya Indriasari Zahir SE, Ketua TP PKK kecamatan dan desa se Kabupaten Batubara, para camat se Kabupaten Batubara dan kepala desa se Kabupaten Batubara.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Batubara Radyansyah F Lubis mengatakan kegiatan ini untuk memberi pemahaman dengan telah diundangkannya regulasi baru yang mengatur pengelolaan keuangan desa tahun 2023 kepada seluruh penyelenggara pemerintahan desa.

“Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan yang dilakukan oleh Pemkab Batubara untuk menciptakan keharmonisan antara kepala desa, BPD, perangkat desa, dan TP PKK desa dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa,” ujarnya.

Adapun yang menjadi narasumber/fasilitator pada sosialisasi tersebut yakni Bupati Zahir, Kapolres Batubara AKBP Jose DC Fernandes, Kejaksaan Negeri Batubara dan perwakilan Dandim 0208 Asahan.

Bupati Zahir mengatakan hadirnya para narasumber untuk membantu permasalahan tidak lancarnya penyerapan dana desa antara kepala desa dengan BPD

“Bersama Kapolres, Dandim dan Kajari duduk bersama membantu ini karena sudah masuk triwulan pertama dan harus cepat terselesaikan karena ini tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru