23.9 C
Medan
Sabtu, Juni 22, 2024

Gubernur Sumut Wajibkan Metode Bottom-up Dalam Penyusunan RKPD 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tapsel (buseronline.com) – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi membuka Pra Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 Zona Pantai Barat di Aula Gedung Serbaguna Tapanuli Selatan (Tapsel), Sipirok.

Edy mewajibkan penyusunan RKPD menggunakan metode bottom-up. Setiap kabupaten/kota memberikan masukan di Pra Musrenbang RKPD 2024 sesuai dengan kebutuhan daerahnya masing-masing.

Metode bottom-up, menurutnya, bertujuan agar program-program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menjawab kebutuhan masing-masing daerah. Karena itu, Edy meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendengarkan dan mendiskusikan masukan dari masing-masing daerah.

“Kita membuat program harus bottom-up, bukan top-down agar menjawab permasalahan di daerah, karena kebutuhan setiap daerah berbeda,” katanya.

Edy juga menjelaskan agar RKPD 2024 fokus ke pertanian, peternakan dan pendidikan. Kebutuhan dasar ini, menurutnya, sangat penting untuk pembangunan Sumut.

“Sektor pangan menjadi yang utama, bagaimana kita bisa berbicara hal lain kalau masih banyak yang lapar, tetapi bukan berarti sektor lain harus kita lupakan,” katanya didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas S Sitorus.

Sementara, Bupati Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu berharap Pemprov Sumut memberikan perhatian ekstra kepada daerahnya. Sehingga, Tapsel bisa mengejar ketertinggalannya dari kabupaten/kota lain di Sumut.

Menurut keterangannya, pertumbuhan ekonomi Tapsel membaik tahun 2022, tumbuh 4,78%, pengangguran terbuka 3,65% melampaui target RJMD 2024 yang sebesar 5,12%. Begitu juga dengan tingkat kemiskinan tahun 2022 sebesar 8,07%, melebihi target RJMD 2024 yang sebesar 8,40%.

“Perkembangan perekonomian kami cukup baik, karena itu kami harap pak gubernur memberikan perhatian lebih kepada Tapsel agar bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lain,” kata Dolly Putra Parlindungan Pasaribu.

Selain itu, dia juga meminta kepada bupati/wali kota se Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) untuk mendukung program-program pembangunan Pemprov Sumut. Sehingga daerah di Tabagsel bisa mengejar ketertinggalannya dari daerah lain.

“Saya harap bupati/wali kota terus memberikan dukungan untuk program-program pembangunan Pemprov Sumut di Tabagsel agar percepatan pembangunan kita tercapai,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, para bupati/wali kota yang hadir juga memberikan kejutan dengan memberikan kue ulang tahun ke-62, kepada Gubernur Edy Rahmayadi, saat membuka Pra Musrenbang RKPD 2024. “Semoga pak gubernur sehat terus sehingga bisa membimbing kami,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Pemprov Sumut melalui Dinas Kominfo Sumut menyerahkan bantuan tablet (gadget) kepada masyarakat. Tujuannya untuk meningkat kemampuan digital UMKM dan pelajar.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di sela-sela acara Pra Musrenbang Zona Pantai Barat. “Kita harus mengikuti perkembangan zaman, kalau tidak kita akan tertinggal atau ditinggalkan, jadi mohon dimanfaatkan maksimal,” katanya.

Menurutnya, salah satu faktor yang membuat masyarakat Sumut banyak yang tertinggal karena kemampuan digital. Begitu juga dengan pelajar-pelajar yang banyak kesulitan mengakses internet.

“Evaluasi kami, kita kalah di digitalisasi, karena itu kita terus berupaya meningkatkan kemampuan digital masyarakat,” ungkapnya.

Kadis Kominfo Sumut Ilyas S Sirorus berharap tablet yang diberikan mampu menunjang kegiatan penerima bantuan terutama untuk pelajar.

“Pak Gubernur cukup fokus meningkatkan kemampuan digital masyarakat kita terutama UMKM dan pelajar, kita berharap bantuan ini bisa meningkatkan kemampuan masyarakat penerima manfaat,” ujarnya.

Hadir pada pembukaan Pra Musrenbang Zona Pantai Barat antara lain bupati/wali kota dan Forkopimda se Tabagsel. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut dan OPD se Tabagsel.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru