23.9 C
Medan
Sabtu, Juni 22, 2024

Kepala Lapas Kelas IIA Pancurbatu Hadiri Rakor Dilkumjakpol

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut) menggelar rapat koordinasi (rakor) Pengadilan, Kementerian Hukum dan HAM khususnya Lapas/Rutan, Kejaksaan, Kepolisan dan BNNP (Dilkumjakpol), di Grand Mercure Hotel Medan.

Tujuan rakor itu guna persamaan persepsi dalam sinkronisasi pelaksanaan sistem peradilan pidana terpadu untuk mewujudkan penegakan yang berkeadilan.

Kakanwil Kemenkumham Sumut Imam Suyudi mengatakan untuk menjawab permasalahan dan isu-isu aktual yang terjadi saat ini, pihaknya menyelenggarakan rakor Dilkumjakpol.

Ia mendorong pelaksanaan prinsip dasar pemasyarakatan 3+1, deteksi dini, berantas peredaran narkotika, sinergitas dan back to basics masih menjadi senjata utama mewujudkan pelaksanaan pemasyarakatan Maju dan PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif).

“Rakor Dilkumjakpol tahun 2023 sebagai upaya menyatukan kesepahaman antar instansi penegak hukum tentang penanganan overstaying tahanan, persiapan pelayanan pemasyarakatan menuju endemi dan penyesuaian status hukum basan baran,” kata Imam Suyudi.

Imam mengatakan bahwa Dilkumjakpol ini juga sebagai langkah keseragaman pemahaman dan tindakan dalam membangun profesionalisme dan citra positif bagi petugas pemasyarakatan,” tegasnya.

Sementara, Kepala Lapas Kelas IIA Pancurbatu Haposan Silalahi AmdIP SSos tampak hadir dalam rakor tersebut. “Harapannya agar tercipta sinkronisasi pelaksanaan peradilan pidana antar instansi penegak hukum,” harapnya.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru