27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

TPID Taput Gelar Operasi Pasar di Siborong-borong

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Taput (buseronline.com) – Tim gabungan Pengendali Inflasi Daerah Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (TPID Taput) menggelar operasi pasar harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di sejumlah mini market dan pusat pasar di wilayah Kecamatan Siborong-borong.

Operasi pasar harga barang-barang kebutuhan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) bulan suci Ramadan serta Idul Fitri 1444 Hijriyah melibatkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak mewakili Bupati.

Kemudian beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, jajaran Polres Taput dan jajaran Kodim 0210/TU.

Dalam kesempatan itu juga, tim gabungan memantau harga kebutuhan bahan pokok mulai dari beras, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, telur dan daging ayam dan menemukan bahwa ketersediaan bahan pokok cenderung stabil dan tidak ditemukan perbedaan harga yang cukup signifikan.

Asisten Perekonomian, Marihot berharap langkah-langkah konkret Pemkab Taput beserta Forkopimda dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok selama bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 H dapat memberikan manfaat positif untuk masyarakat.

Untuk menjaga stabilitas, Simanjuntak menyampaikan empat instruksi Bupati kepada jajaran OPD yang tergabung dalam TPID, pertama, melakukan dan melaporkan monitoring harga komoditas pangan terpilih setiap hari.

Kedua, membuat program pasar murah untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan pada bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

Ketiga, membuat analisa kebutuhan dan ketersediaan daging, ikan tawar, susu dan telur. Keempat, melakukan sidak pasar untuk mengetahui kondisi ketersediaan dan harga bahan pokok selama bulan suci Ramadan 1444 H.

Berita Lainnya

Berita Terbaru