25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Jemaah Muhammadiyah Pematangsiantar Laksanakan Sholat Idul Fitri

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – Jemaah Muhammadiyah Kota Pematangsiantar melaksanakan sholat Idul Fitri 1444 H di lapangan USI dan komplek SMA Negeri 4 Pematangsiantar.

Pantauan di lapangan, tampak personel kepolisian bersiaga untuk melakukan pengamanan dan penertiban kendaraan para jemaah.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri di lapangan SMA Negeri 4 dimulai pukul 07.30 WIB, diikuti sekira 500-an jemaah lelaki dan perempuan.

Dalam paparannya, Khatib, Dr Ahmad Fithrianto MA menyampaikan tentang makna puasa untuk menahan haus dan lapar serta pengendalian nafsu yang dapat membatalkan puasa.

Hari Raya Idul Fitri sebagai suatu kemenangan bagi orang-orang yang bertaqwa. “Orang yang cerdas adalah mereka yang senantiasa mengingat tentang kematian. Dan, umat yang taqwa memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual,” katanya.

Kemudian, kata Ahmad, seorang yang taqwa dikatakan, peduli dengan lingkungan sosial, atau dapat membantu sesama yang memang membutuhkan. “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain,” ujarnya.

Usai khotbah, para jemaah saling bersalam-salaman sembari mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin. Tampak hadir, Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi S Sos MM dan Ketua PDP Muhammadiyah HM Amin Siregar.

Tak jauh berbeda, pelaksanaan sholat Idul Fitri di lapangan sepakbola USI di Jalan Sisingamangaraja Kota Pematangsiantar juga dihadiri sekira 300-an jemaah, bertindak sebagai Khatib, Khairul Erwin Hutasuhut MA.

Berita Lainnya

Berita Terbaru