27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

BNKP dan Lutheran College Australia Teken MoU Pendidikan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Gunungsitoli (buseronline.com) – Yayasan Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bidang pendidikan dengan Victory Lutheran College Australia (VLCA) di gedung Yayasan BNKP Gunungsitoli. Yayasan BNKP adalah milik Sinode BNKP yang berpusat di Kota Gunungsitoli, Nias.

Ketua Umum Yayasan BNKP, Drs Mayjen (Purn) Christian Zebua MM dan Mr Jhon Thompson dari VLCA meneken MoU. Kemudian Kepala Sekolah SMK Swasta BNKP, Eka Lestiaman Harefa terlihat juga turut menandatangani.

Usai penandatanganan, Christian Zebua mengatakan kerjasama BNKP dengan Victory Lutheran College Australia sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2017 silam, namun karena adanya wabah Covid-19, kegiatan sempat vakum.

Kali ini kata Christian, kerjasama diperluas dengan melibatkan SMP. Bentuk kerjasama adalah melakukan pertukaran siswa dan guru sehingga peningkatan kwalitas benar benar terasa.

“Jadi konsepnya, kita mengirim siswa ke Australia, demikian siswa mereka datang belajar di BNKP. Hal ini juga berlaku untuk guru guru kedua belah pihak,” jelas mantan Pangdam Cendrawasih itu sembari menambahkan, untuk perulasannya dilakukan belajar sistem zoom.

Christian menyatakan komitmennya dalam meningkatkan kwalitas pendidikan di BNKP dan Nias. “Kita harus bekerja keras mengejar ketertinggalan. Kegiatan ini jangan hanya seremoni,” harapnya.

Dia menginginkan BNKP ke depan bisa sejajar dengan sekolah sekolah unggulan di daratan Sumatera yang dikelola lebih profesional menggunakan konsultan.

Sementara, Mr Jhon Thompson mengatakan, hubungan Victory Lutheran College Australia dengan BNKP terus berjalan baik, dan mereka melihat ada beberapa stakeholder di BNKP yang konsisten memikirkan pendidikan.

Mr Jhon yang didampingi rekannya Mr Gavin menyambut baik kerjasama yang kini diperlebar ke jenjang SMP. “Kami berharap kerjasama kita berkembang terus karena hubungan emosional pihak BNKP dan sekolah di Australia sudah terbentuk,” katanya.

Kepala Departemen Didaskalia BNKP, Pdt Natalisman Telaumbanua mengharapkan MoU harus diikuti dengan pelaksanaan kesepakatan secara bersama sama, serta berdampak pada kwalitas sekolah. Dia berharap kerjasama juga harus menjaga marwah pendidikan serta adanya monitoring secara berkala.

Kemudian, Kepala Sekolah SMA BNKP, Eka Lestiaman melakukan presentasi keberhasilan siswa dalam pendidikan BNKP, termasuk memanfaatkan beasiswa hingga berhasil lulus dan masuk perguruan tinggi pilihan.

Turut hadir dalam kegiatan, perwakilan Komite Nasional Lutheran World Federation (KN LWF), Ms Erin dan Pdt Dedi Pardosi, Sekum Yayasan BNKP Charisman Harefa, tokoh dan undangan lainnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru