26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Arus Balik Idul Fitri di Belawan Tertib dan Aman, Ribuan Pemudik Kembali ke Kepulauan Riau

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Belawan (buseronline.com) – Ribuan  pemudik asal Kepulauan Riau, yang sebelumnya merayakan hari besar keagamaan Idul Fitri 1444 bersama sanak keluarga mereka pada berbagai daerah di Provinsi Sumut, memadati Terminal Penumpang Bandar Deli, pada puncak arus balik yang berlangsung tertib dan aman, Minggu (30/4/2023) sore.

Kepala Cabang (Kacab) PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana yang dikonfirmasi wartawan menyebutkan, pada puncak arus balik Idul Fitri 1444 H dari Pelabuhan Belawan tujuan Tanjung Balai Karimun dan Pelabuhan Batu Ampar Batam, Kapal Motor Penumpang (KMP) Kelud mengangkut sebanyak 3.741 orang penumpang.

Sedangkan  pada hari yang sama yakni pada Minggu siang, jumlah penumpang turun sebanyak 2.384 orang, saat KMP Kelud sandar di Dermaga Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan.

Pantauan wartawan, meskipun KMP Kelud telah dijadwalkan akan berlayar dari Pelabuhan Belawan pada Minggu sore.

Namun sejak pagi hari areal Terminal Penumpang Bandar Deli telah dipadati calon penumpang, dengan tujuan untuk lebih awal memasuki ruang tunggu keberangkatan dan selanjutnya naik ke kapal melalui fasilitas garbarata.

Untuk menghindari terjadi penumpukan penumpang pada ruang check in, petugas terkait terpaksa melakukan buka tutup pintu masuk.

Sementara, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon SH MH yang memimpin langsung pengamanan puncak arus balik Idul Fitri di Pelabuhan Belawan, bersama Kacab PT Pelni Medan dan unsur pimpinan PT Pelindo Belawan, diiringi alat musik yang disediakan pihak pengelola pelabuhan.

Tampak menyanyikan sejumlah lagu untuk menghibur calon penumpang yang sedang berada di areal lapangan parkir menunggu giliran masuk ruang tunggu keberangkatan. KMP Kelud meninggalkan Pelabuhan Belawan sekira pukul 17.15 WIB.

Berita Lainnya

Berita Terbaru