25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Ajang OSN, 15 Siswa SMAN 1 Doloksanggul Melaju ke Tingkat Provinsi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten membawa 15 siswa SMAN 1 Doloksanggul melaju ke tingkat provinsi.

Kepala Sekolah SMAN 1 Doloksanggul, Panutur Simorangkir SPd mengatakan OSN adalah ajang berkompetisi bagi para siswa SMA dalam bidang sains. Tahapan seleksi dimulai dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat provinsi, selanjutnya ke tingkat Nasional

Ada sembilan bidang yang dilombakan dalam OSN tingkat kabupaten yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Astronomi, Kebumian, dan Komputer/Informatika.

Siswa yang mengikuti OSN tingkat Kabupaten adalah para siswa yang lolos seleksi tingkat sekolah. Seleksi di SMA N-1 Doloksanggul dilakukan dengan cara menjaring tiga siswa terbaik untuk tiap bidang lomba.

Total siswa terbaik yang terpilih sebanyak 27 orang. Para siswa yang telah terpilih kemudian mengikuti pembinaan dan pelatihan yang diberikan oleh para guru yang kompeten di bidangnya.

Siswa tidak hanya mendapatkan pembimbingan secara kontiniu melainkan juga mendapatkan motivasi agar terus bersemangat dalam penyelesaian soal-soal.

“Semoga OSN tingkat provinsi ini dapat memperoleh hasil yang memuaskan sehingga semakin menambah deretan kebanggaan sekolah kami,” harapnya.

Adapun nama-nama wakil OSN dari SMAN 1 Doloksanggul tingkat Kabupaten yang merupakan utusan dari Kabupaten Humbahas adalah Shoujiki Manalu, Srianti Permatasari Purba (OSN Ekonomi), Dian Berlin Hutasoit.

Greta Joyce Siburian, Nadia Pentatriana Purba (OSN Informatika Komputer), Sri Rahayu Simanullang, Julio Caves Simanullang, Riska Magdalena Lusiana Sihite (OSN Kebumian).

Selanjutnya, Nadine Munthe, Indah Repida Yanti Simamora (OSN Kimia), Badia Herianto Sirait, Yolanda Nababan (OSN Geografi), Yehezkiel Hotasi Lumban Gaol, Endru Gracia Siallagan dan Glenn Kevin Sitorus (OSN Fisika).

“Sedangkan untuk bidang Astronomi, Biologi dan Matematika tidak ada yang lolos sebagai wakil Kabupaten Humbahas dari sekolah kita,” sebutnya.

Adapun jadwal keberangkatan ke tingkat provinsi akhir Mei atau awal Juni. “Harapan kita semoga anak-anak dapat mencapai hasil yang maksimal dan bisa sampai ke tingkat nasional,” tuturnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru