26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

SEA Games 2023, Indonesia Habisi Timor Leste 3-0

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Kamboja (buseronline.com) – Timnas Indonesia U-22 berhasil menghabisi Timor Leste U-22 dengan skor 3-0 di National Stadium, Kamboja, Minggu (7/5/2023) WIB.

Pada pertandingan ketiga ini, Indonesia meraih kemenangan ketiga beruntun dalam lanjutan babak Grup A SEA Games 2023.

Muhammad Ramadhan Sananta membuka keran gol Garuda Muda di laga ini. Sundulannya di menit ke-45 sukses menjebol gawang Timor Leste.

Dua gol tambahan Indonesia dicetak oleh Muhammad Fajar Fatthurahman. Ia mencetak gol di menit ke-63 dan menit ke-75.

Dengan raihan positif ini, Indonesia dipastikan lolos ke babak semifinal SEA Games 2023. Laga terakhir akan sangat menentukan posisi akhir Indonesia, antara menjadi juara grup atau runner-up.

Indonesia sempat kesulitan mengatur ritme permainan di awal laga. Setiap kali mendapat ruang, para pemain justru memilih melepaskan tendangan-tendangan langsung.

Peluang pertama Indonesia diperoleh di menit ke-7. Dari proses serangan balik, M Ramadhan Sananta memberi umpan terobosan kepada M Fajar Fatturahman. Tembakan dari jarak dekatnya masih dapat dihentikan kiper Georgino.

Timor Leste yang tidak lebih dominan tetap bisa menginisiasi serangan beberapa kali. Mouzinho menjadi kreator utama dengan dua tembakannya sempat mengarah langsung ke gawang Indonesia.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-45. Berawal dari serangan di sayap kiri, Fajar melepas umpan silang yang akurat ke depan gawang. Sananta yang hanya dijaga satu pemain lawan dengan leluasa menyundul bola dan memasukkan ke gawang Timor Leste.

Keunggulan satu gol tidak membuat Indonesia berpuas diri. Witan Sulaeman dkk masih terus memberikan ancaman ke Timor Leste.

Di babak kedua ini, Indonesia tidak lagi menerapkan tendangan-tendangan langsung. Skuad besutan Indra Sjafri ini mengandalkan bola-bola udara untuk mencapai kotak penalti lawan.

Indonesia akhirnya menambah pundi-pundi gol di menit ke-62. Kali ini giliran Fajar yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia dengan tenang mengecoh satu pemain lawan di kotak penalti, lalu melepas placing dengan tendangan kaki kirinya.

Menit ke-65 Indonesia nyaris menambah gol. Umpan silang mendatar dari Bagas Kaffa disambut oleh tendangan Sananta, tetapi malah membentur tiang gawang. Bola muntah disambut cepat oleh Marselino yang juga masih ditahan oleh Georgino.

Sementara itu, Timor Leste tidak bertaji begitu Mouzinho ditarik keluar di menit ke-65. Otak dan motor serangan tim menghilang, sehingga Indonesia relatif aman semenjak pemain kunci lawan kelaur.

Fajar mencetak gol keduanya di menit ke-75 untuk membawa Indonesia menjauh tiga gol. Sebelum mencetak gol, tendangan pertamanya sempat ditepis Georgino, tetapi bola muntah yang kembali datang kepadanya langsung dieksekusi lagi dan masuk ke gawang.

Berita Lainnya

Berita Terbaru