28 C
Medan
Kamis, Juli 4, 2024

Wanti-wanti Kemenkes RI Soal Daging Babi di Tengah Gaduh Demam Babi Afrika

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Kemenkes RI menegaskan bahwa virus yang beredar di Bulan, Batam adalah demam babi Afrika atau African Swine Fever (ASF).

Virus ini tidak termasuk dalam kelompok virus influenza sehingga berbeda dengan flu babi atau swine flu yang dipicu oleh virus H1N1, H1N2, dan H3N2.

“African swine fever merupakan demam babi Afrika, disebabkan virus asfarviridae family, bukan virus influenza,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi saat memberikan keterangan kepada media di Jakarta.

Saat ini, Kementerian Pertanian RI, tengah mengupayakan isolasi wilayah agar virus tersebut tidak menyebar lebih luas.

Virus demam babi Afrika ini diketahui bisa bertahan di permukaan dalam waktu yang cukup lama, termasuk pada daging olahan seperti sosis dan bacon, juga pada permukaan pakaian.

Mengenai hal tersebut, Siti Nadia mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih daging untuk dikonsumsi. Terlebih, para pelaku industri dan peternak juga diimbau untuk memastikan produk yang dijual bebas dari hewan ternak yang terjangkit ASF.

“Edukasi nggak beli daging murah. Dan untuk peternak serta penjual. Peternak harus memusnahkan hewan yang sakit,” imbaunya.

Selain memperhatikan kualitas daging sebelum dikonsumsi, langkah pencegahan lain yang bisa dilakukan sebagai masyarakat awam adalah dengan mengolah daging yang dibeli dengan benar, yaitu memasak sampai benar-benar matang.

“Masak sampai matang, itu ‘kan bisa membunuh bakterinya. Jadi jangan makan makanan setengah matang atau mentah,” tuturnya mengakhiri.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru