30.6 C
Medan
Jumat, Maret 29, 2024

Pesta Adat Persentabien Warnai Pelepasan Lahan PSN PLTA Kumbih-3 (45 MW)

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pakpak Bharat (buseronline.com) – PLN UIP Sumbagut terus memaksimalkan percepatan pembangunan PLTA Kumbih-3 yang berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumut dengan Kota Subulussalam, Aceh.

Humas PLN UPAYA Sumbagut Effiaty Polapa dalam rilis mengatakan berbagai upaya dilakukan PLN dalam rangka mengakomodir kearifan lokal serta memberi kenyamanan kepada masyarakat sekitar, agar kehadiran pembangkit PLTA Kumbih 3 yang akan menambah keandalan listrik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta membuka lapangan kerja.

Seperti yang dilakukan pada Selasa (16/5/2023) saat masyarakat Pakpak Bharat menggelar pesta adat bertajuk Silaturahmi (Persentabien) Kepala Sulang Silima/Sukut Marga Angkat, Marga Berutu, Lebbuh Lae Baning dan Marga Berutu Lebbuh Pegga serta memberangkatkan (Meneppuhi Babah) Satgas A dan B.

Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Pakpak Bharat selaku Ketua Panitia Pengadaan Tanah Mindo Desima Sianturi, SH, MH menjelaskan, bahwa kegiatan ini digelar sebagai tindaklanjut Rakor Pelaksanaan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan PLTA Kumbih-3, 45 MW di Kabupaten Pakpak Bharat pada 11 Mei 2023 di aula Kodim 0206/Dairi.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan untuk acara Silaturahmi (Persentabien) kepala Sulang Silima/Sukut Marga Angkat, Marga Berutu, Lebbuh Lae Baning dan Marga Berutu Lebbuh Pegga serta memberangkatkan (Meneppuhi Babah) Satgas A dan B,” terangnya.

Selain dihadiri pihak BPN Sumut dan Kakantah Pakpak Bharat Mindo Diana Sianturi, turut hadir juga jajaran Forkompimda setempat diantaranya Kajari Dairi Okto Rikardo, Dandim 0206/Dairi Letkol Arh. Ridwan Budi Sulistyawan, SIP yang diwakili Mayor MR Manurung, Sekda Pakpak Bharat J Berutu, Kapolsek Sukaramai AKP Suko Hastadi dan Camat Sitellu Tali Urang Jahe Mike B Ujung dan dari PT PLN UIP Sumbagut dihadiri oleh Andi Rizki Manager Pertanahan & Asset serta Zainal Arifin Junior Officer Pertanahan & Row.

Hadir pula sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, dan masyarakat yang menyambut meriah kegiatan adat tersebut.

Terpisah, GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Duha mengatakan, di samping mendorong percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) seperti PLTA Kumbih-3 segera dilaksanakan, pihaknya selalu berusaha merangkul masyarakat dan mensosialisasikan setiap kegiatan pekerjaan yang dilaksanakan oleh PLN.

“Acara adat pelepasan tanah seperti ini merupakan cara kami untuk selalu menjunjung adat dan mengedepankan kearifan lokal menjelang rencana dimulainya pengukuran dan inventarisasi lahan PLTA Kumbih-3 di Pakpak Bharat ini,” terangnya.

Octa juga meminta doa dan dukungan kepada seluruh pihak, agar misi PLN dalam percepatan proses transisi energi dengan pemanfaatan pembangkit EBT dan menerangi hingga pelosok negeri lewat PLTA Kumbih-3 bisa segera terealisasi secepatnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru