27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Wali Kota Padangsidempuan Dukung Sensus Pertanian 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Padangsidempuan (buseronline.com) – Wali Kota Padangsidempuan Irsan Efendi Nasution mengatakan mendukung sepenuhnya pelaksanaan Sensus Pertanian tahun 2023. Karena merupakan dasar dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Padangsidempuan.

Hal itu dikatakannya ketika menerima audensi

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padangsidimpuan Hafsyah Aprillia SSi MSi beserta jajaran audiensi sekaligus silaturahmi dengan Wali Kota Padangsidempuan Irsan Efendi Nasution SH MM di ruang kerja Wali Kota.

Ia mengatakan agar masyarakat memberikan data yang akurat agar petugas sensus dapat bekerja maksimal untuk kemajuan Kota Padangsidempuan.

“Berikan data dan informasi yang jelas sesuai fakta agar diperoleh hasil maksimal,” ujarnya.

Selain itu, tujuan BPS Padangsidempuan bertemu dengan Irsan ingin menyampaikan bahwa pada tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2023 mendatang akan dilaksanakan Sensus Pertanian 2023 (ST 2023).

Sementara Hafsyah menjelaskan bahwa pihaknya akan menurunkan 110 petugas lapangan, 22 petugas pemeriksa lapangan dan sebanyak 6 orang koordinator bekerja sejak tanggal 1 Juni – 31 Juli 2023 .

Petugas akan mendatangi rumah penduduk dari rumah ke rumah untuk melakukan wawancara tatap muka mengenai usaha pertanian yang diusahakan oleh respoden.

Pelaksanaan ST 2023 tidak terpaku pada sektor pertanian saja. Sebab sektor pertanian itu sendiri terdiri berbagai macam, jadi ada tujuh sektor yang akan kita garap meliputi pertanian tanaman pangan misalkan jasa pertanian, kehutanan, peternakan, perikanan, perkebunan, holtikultura dan pangan.

ST 2023 sangat penting karena banyak data strategis yang dihasilkan pada ST2023 yakni data petani (by name, by addres), struktur demografi petani, lahan pertanian menurut pengunaan, produksi komuditas pertanian, dan adopsi mekanisme pertanian modern dan penggunaan teknologi informasi.

ST 2023 merupakan salah satu dari tiga sensus yang dilaksanakan BPS sebagai lembaga penyedia statistik dasar di Indonesia. Seluruh rangkaian ST 2023 terangkum dalam lima proses bisnis yang disebut dengan pancalaksana ST 2023.

Koordinasi dan konsolidasi internal dan lintas institusi pusat maupun daerah, penyiapan basis data pertanian sementara, penyiapan basis data pertanian sementara terkait usaha perorangan, DPP dan UTL Updating DPP, UTL dan eksplorasi usaha pertanian perorangan, penyusunan dan penyiapan dokumen prelist finas DPP, UTL dan usaha pertanian perorangan serta peta WB- 2020 pencacahan lengkap usaha pertanian perorangan, perusahaan pertanian lainnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru