26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Lapas Narkotika Langkat Gelar Tes Urin Terhadap WBP

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Langkat (buseronline.com) – Lapas Narkotika Langkat melaksanakan tes urin terhadap 30 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Klinik Pratama Lapas Narkotika Langkat, Kamis (25/5/2023).

Pelaksanaan tes urin itu dilakukan tenaga kesehatan dr Asima Panggabean dan perawat Kristin Zai, didampingi Kasi Binadik Ibnu Taqwim dan Kasubsi Registrasi, Yanto Simanjuntak.

Kepada wartawan, Kalapas Narkotika Langkat Alexander Lisman Putra didampingi Kasi Binadik Ibnu Taqwim mengatakan tes urin tersebut akan dilakukan pihaknya setiap pekan dalam rangka untuk pemenuhan hak integrasi dan sebagai upaya peningkatan kewaspadaan.

“Kegiatan tes urin bagi WBP untuk meningkatkan kewaspadaan terkait adanya penyalahgunaan narkotika di dalam Lapas, serta sebagai syarat pemenuhan hak integritas WBP yang akan kami usulkan,” ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan itu menindaklanjuti Surat Edaran Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: ITJ.OT.02.01–03 tentang pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

“Lapas Narkotika Langkat terus memerangi Narkoba agar dapat melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap para WBP yang ada di Lapas dengan baik. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Lapas Narkotika Langkat bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba,” harapnya.

Usai pelaksanaan tes urin, selanjutnya dr Asima menyampaikan bahwa dari hasil tes urin yang dilaksanakan semua warga binaan dinyatakan negatif Narkoba.

Berita Lainnya

Berita Terbaru