29 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Pegawai Lapas Kelas IIA Binjai Ikuti Tes Urine

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Binjai (buseronline.com) – Lapas Kelas IIA Binjai bekerjasama dengan BNNK Binjai menggelar kegiatan pemeriksaan urine terhadap 127 pegawai dan petugas Polsuspas di Lapas Kelas IIA Binjai.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui urine ke-127 pegawai Lapas tersebut negatif mengandung zat adiktif Narkoba.

Kalapas Kelas IIA Binjai Theo Adrianus Purba kepada wartawan mengatakan tes urine itu merupakan wujud dari pengawasan internal pihaknya yang bertujuan untuk menguji sejauh mana integritas pegawai atau petugas Polsuspas Lapas Kelas IIA Binjai.

Tes urine juga dilakukan dalam rangka mewujudkan komitmen Lapas Kelas IIA Binjai bersih dari Narkoba. Hal itu bukan berarti lingkungan Lapas Kelas IIA Binjai saja yang harus bersih, namun pegawai dan petugas juga harus bersih dari Narkoba.

“Tes urine ini untuk mengetahui apakah ada pegawai Lapas Binjai yang melakukan pelanggaran, baik itu karena mengkonsumsi Narkoba dan zat adiktif yang berbahaya lain, atau memang mengidap penyakit dan sedang dalam proses perawatan. Bisa saja obat yang dikonsumsi mengandung Narkoba,” ujarnya.

Ia mengatakan kerjasama dalam pelaksanaan tes urine itu merupakan wujud sinergitas baik antara pihaknya dan BNNK Binjai yang selama ini terjaga dengan baik.

Theo mengaku pihaknya akan melakukan langkah bijak dan tegas bila ada pegawai atau petugas yang urinnya positif Narkoba.

“Kalau ada yang positif, kita akan koordinasi dengan BNN Kota Binjai untuk rehabilitasi dan sembuhkan oknum pegawai tersebut. Kalau mengulangi atau hasil tes urinenya positif lagi, akan diusulkan pemberhentian tidak dengan hormat. Orang seperti itu tak bisa dipertahankan, karena tak akan normal lagi menjalankan tugas dan fungsinya,” jelasnya.

Ditegaskan, tes urine terhadap pegawai dan petugas Lapas Binjai itu akan terus dilakukan secara berkala.

Sementara untuk tes urine bagi warga binaan, terangnya, tetap akan digelar setiap bulannya dengan mengambil sampling warga binaan secara acak.

Sementara, Kasi Pemberantasan BNNK Binjai AKP Bambang Sulistio mengapresiasi sinergitas Lapas Kelas IIA Binjai.

Diakui, dari hasil pemeriksaan diketahui urin seluruh pegawai dan petugas Lapas negatif Narkoba.

Dalam kegiatan tersebut, pengambilan serta pemeriksaan sampel urin dimulai dari Kalapas IIA Binjai Theo Adrianus Purba yang kemudian diikuti para pejabat utama serta pegawai dan petugas Lapas IIA Binjai.

Berita Lainnya

Berita Terbaru