25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Bunda PAUD Kecamatan dan Desa Diajak Dukung Gerakan Transisi PAUD ke SD

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Bunda PAUD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Ny Lidia Dosmar Banjarnahor mengajak semua Bunda PAUD desa dan kecamatan mendukung gerakan transisi PAUD ke SD dengan menyenangkan.

Hal ini disampaikan pada Pembinaan dan Penguatan Bunda PAUD kecamatan, kelurahan/desa dalam rangka transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul.

Lidia menyampaikan bahwa transisi PAUD ke SD merupakan program yang berisi proses untuk mendukung kesiapan belajar bagi anak usia dini yang akan memasuki jenjang SD.

Proses ini juga, kata dia, dapat mempengaruhi keberhasilan anak dalam melakukan penyesuaian di jenjang pendidikan dasar.

Ia menjelaskan merdeka belajar merupakan kebijakan yang mendasari transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, dimulai sejak tahun ajaran baru.

Selain itu, satuan pendidikan perlu menghilangkan tes Calistung (baca, tulis dan berhitung) dari proses penerimaan peserta didik baru di SD.

“Kita harus menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama (di PAUD dan SD). Dan menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak,” kata Lidia.

Pada kesempatan itu juga, ia menjelaskan bahwa Bunda PAUD sebagai penggerak utama diharapkan dapat menggerakkan semua pihak untuk mewujudkan Gerakan Nasional PAUD Berkualitas, terjangkaunya layanan PAUD secara berkeadilan di seluruh pelosok negeri dan tersedianya program PAUD Holistik dan Integratif.

Kegiatan itu diikuti oleh seluruh Bunda PAUD kecamatan, desa, kelurahan se Kabupaten Humbahas dan juga menghadirkan pembicara/narasumber dari dinas kesehatan, dan Kepala UPT Puskesmas Matiti, dr Tiar Sihombing.

Berita Lainnya

Berita Terbaru