25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

PKK Sergai Perkuat Peran Strategis dalam Peningkatan Kesejahteraan Keluarga

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Ketua TP-PKK, Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya menerima Tim Monitoring Desa Pelaksana Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Hatinya PKK, dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2023 di Aula Kantor Desa Pematang Setrak, Kecamatan Telukmengkudu.

Darma Wijaya menyampaikan PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang dibentuk guna mendukung pembangunan, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga menuju keluarga yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju, dan mandiri.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, dirinya selaku pembina Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai melihat berbagai upaya telah dilakukan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai beserta seluruh kader dalam penerapan 10 (sepuluh) program PKK.

“Kami yakin dan percaya, upaya-upaya yang dilakukan oleh TP-PKK Sergai akan dapat mewujudkan tujuan tersebut,” ungkapnya.

Darma Wijaya mengatakan Pemkab Sergai khususnya seluruh perangkat daerah, sangat mendukung penuh pelaksanaan program PKK.

Bentuk dukungan tersebut berupa pendampingan, pelatihan, pembinaan serta fasilitasi kegiatan yang anggarannya tertampung di perangkat daerah terkait.

“Dukungan tersebut merupakan bentuk sinergitas antara PKK dengan pemerintah daerah dalam pencapaian visi mewujudkan Kabupaten Sergai yang “Maju Terus”: mandiri, sejahtera, dan religius,” jelasnya.

Darma Wijaya berharap tim monitoring agar dapat memberikan penilaian terbaik kepada TP PKK Sergai.

“Besar harapan kami agar tim monitoring dapat meloloskan kami pada evaluasi provinsi yang akan datang, sehingga dapat menginspirasi dan menambah motivasi kepada kader yang ada di kecamatan lain untuk terus memajukan desanya,” katanya.

Ketua TP PKK Sergai Ny Rosmaida Saragih  Darma Wijaya mengatakan organisasinya memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak.

Menurutnya, PKK juga memiliki peran penting dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri, harmonis dan religius serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Selain itu, lanjutnya, “Hatinya PKK” merupakan salah gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman di sekitar.

“Dengan memanfaatkan pekarangan atau halaman rumah dengan tanaman produktif atau tanaman hias, diharapkan dapat memberikan nilai untuk keindahan dan kenyamanan rumah, serta jika ada produk lebih akan bisa bernilai ekonomis dan meningkatkan ekonomi keluarga,” sebutnya.

Rosmaida mengungkapkan, target dari “Hatinya PKK” adalah menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur-mayur dan tumbuhan lainnya, dan memberikan pemahaman akan perlunya ketersediaan pangan dan pemanfaatan pekarangan yang baik untuk masyarakat, yaitu dengan tanaman pangan, aneka tanaman hias, ikan dan ternak yang dapat menambah gizi keluarga dan meningkatkan pendapatan keluarga.

Ia juga menyambut baik kedatangan tim monitoring, dan mengaku telah melakukan berbagai upaya dan pembenahan dari hasil arahan dan bimbingan pada kegiatan supervisi yang sebelumnya dilaksanakan untuk mendukung setiap indikator penilaian.

“Walaupun demikian, pembenahan-pembenahan yang telah dilakukan bukan semata-mata dilakukan hanya pada saat lomba seperti ini. Akan tetapi dilaksanakan sehingga memberikan manfaat yang lebih besar bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat sekitarnya,” terangnya.

Rosmaida menyebut, kegiatan ini juga merupakan program pemerintah yang tujuannya untuk mengukur dan mengetahui sampai sejauh mana pelaksanaan kegiatan dan program yang sudah dilaksanakan oleh PKK di semua jenjang dan tingkatan.

“Kesempatan ini juga merupakan salah satu upaya pembelajaran bagi seluruh kader, sehingga dapat mendorong dan menjadi motivasi agar lebih meningkatkan sinergitas dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Tim Monitoring PKK Provinsi Sumut dipimpin Sekretaris Pokja III, Ny Nina Purwadi memberi apresiasi atas berjalannya kegiatan ini. Nina menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan ini merupakan bentuk harapan agar seluruh kader sama-sama bekerja dan sama-sama berprestasi.

“Kita tentu berharap agar eksistensi PKK di tengah masyarakat dapat bermanfaat, terutama dalam lingkup keluarga. Salah satu yang bisa saya sarankan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menjalankan sistem kerjasama kemitraan untuk berkembangnya PKK,” sebutnya.

Kegiatan monitoring ini juga diikuti perwakilan Dinas Ketapang Provinsi Sumut Ny Yosi Apriyanti, sejumlah Kepala OPD, Camat Telukmengkudu beserta unsur Forkopimcam, serta para kader PKK.

Berita Lainnya

Berita Terbaru