27 C
Medan
Selasa, Juli 23, 2024

Cabai Merah dan Peran Dairi Sukseskan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Tahun 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Dairi (buseronline.com) – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan rasa bangga Kabupaten Dairi punya peran yang besar dalam pengendalian inflasi pangan di Indonesia, khususnya Provinsi Sumut.

Hal ini disampaikan Bupati saat menghadiri acara Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Tahun 2023, yang diselenggarakan di Aula Raja Inal Kantor Gubernur Sumut, Rabu (31/5/3023).

Acara yang dibuka langsung Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi ini mengusung tema “Sinergi dan Inovasi untuk Ketahanan Pangan Melalui Peningkatan Produktivitas, Nilai Tambah, dan Kerja Sama Antar Daerah Terintegrasi Membawa Sumut Semakin Menjadi Bermartabat”.

Peran yang telah dilakukan Dairi, kata Bupati Eddy Berutu, memperkuat sinergi dengan Pemerintah Kota Medan dengan meneken MoU penanaman hortikultura, khususnya cabai di Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan.

Dalam MoU itu, Kabupaten Dairi menyediakan lahan dan menanam cabai sementara Pemko Medan sebagai off taker atau pembeli dengan harga stabil.

“Hasil MoU itu sudah kita buktikan hari ini dengan kedatangan 2,5 ton cabai dari Parbuluan tiba di Kantor Gubsu di Medan. Kita ingin menunjukkan bahwa Dairi bisa mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat luas, dengan mengekspor produk unggulan komperatif di sektor pertanian, yaitu cabai merah,” katanya.

Kehadiran Pemerintah Kabupaten Dairi dalam pengendalian inflasi kelompok pangan di Sumut diharapkan dapat merumuskan langkah antisipatif pengendalian inflasi dari sisi supply (penawaran) guna mendukung ketahanan pangan yang integratif, masif, dan berdampak hingga tingkat nasional.

Sebagai informasi, pertemuan GNPIP Sumut 2023, akan disertai dengan pelepasan produk unggulan komperatif Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru