29 C
Medan
Senin, Juli 22, 2024

Atal Depari Ingatkan Anggota PWI Jaga Sikap Netralitas Pemilu 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari mengingatkan kepada seluruh pengurus PWI se Sumut agar mendukung Pemilu yang jujur dan adil. Untuk itu kepada pengurus tidak dibenarkan terlibat apalagi merangkap menjadi pengurus salah satu partai politik.

“Wartawan harus patuh dengan aturan itu. Pengurus yang terlibat kontestasi Pemilu harus mengundurkan dari kepengurusan organisasi PWI,” kata Atal Depari pada sosialisasi netralisasi PWI Sumut dalam menghadapi Pemilu 2024 yang dirangkai acara Family Gathering (FG) di Singapore Land Waterpark, Kabupaten Batubara.

Diharapkan Depari, wartawan harus dapat melakukan pemberitaan yang netral tidak boleh berpihak ke kiri kanan. “Wartawan kiranya dapat menunjukkan wadah sarana yang netralitas dan menyajikan berita yang berkualitas,” katanya.

Menurutnya, dengan menunjukkan sikap netralitas berarti mendukung kemerdekaan pers yang berkualitas. “Mereduksi berita hoaks dengan sikap bertanggungjawab,” imbuh Atal dengan tegas.

Sebelumnya, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik SE mengaku terharu dan bangga kepada semua pihak khusunya panitia yang bekerja keras mendukung dan mensukseskan FG.

“Saya bangga bisa memfasilitasi sehingga keluarga wartawan dapat bahagia dan bersukacita dalam acara FG,” ucapnya.

Terkait dalam netralisasi wartawan dalam Pemilu mendatang, kemudian Farianda berharap agar PWI dapat menjadi wasit dan adil di Pemilu 2024 nanti.

“Anggota PWI harus bersikap adil, independen, netral tidak terlibat salah satu partai politik di Pemilu mendatang. Wartawan tidak dibenarkan menjadi Caleg bahkan tim sukses Pemilu,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Batubara Ir H Zahir MAP menyampaikan bahwa acara FG merupakan suatu kebanggaan. Kiranya silaturahmi wartawan melalui FG dapat terus ditingkatkan.

“Saya dekat dengan wartawan. Tetapi dekat dengan wartawan bisa menjadi baik dan tak baik. Untuk itu kepada wartawan harus banyak mengalah,” ujarnya seloroh.

Diakuinya, selama bertugas di Pemkab Batubara belum banyak berbuat dan pembangunan belum sempurna.

Selama ini dirinya tetap memperjuangkan dari DAK untuk keperluan pembangunan Batubara.

Ia mengatakan pihaknya juga tetap menggelar UKW guna peningkatan SDM wartawan.

“Kita butuh wartawan yang mampu menyajikan berita berkualitas terkait industri guna menambah minat investor membangun Pemkab Batubara,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Ketua Panitia FG PWI Sumut Rifki Warisan menyampaikan bahwa peserta FG dihadiri sekitar 1.200 wartawan bersama keluarga.

Rifki menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga acara dapat sukses.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru