26 C
Medan
Sabtu, Juli 27, 2024

FOBI Sumut Ingin Datangkan Pelatih Barongsai Asal Malaysia dan Cina

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Federasi Olahraga Barongsai Indonesia Sumatera Utara (FOBI Sumut) menargetkan 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut ini.

Untuk menjawab target tersebut, pihaknya ingin mendatangkan pelatih nasional dan internasional dari Malaysia dan Cina.

Ketua FOBI Sumut Peter Suhendra didampingi Sekretaris, Bobby C Halim mengatakan target 6 medali ini akan direbut dari 10 nomor lomba yang dipertandingkan nanti.

Diketahui 10 nomor lomba cabang olahraga Barongsai masing-masing, Naga Taolu Bebas, Naga Kecepatan, Naga Halang Rintang, Barongsai Taolu Bebas, Barongsai Taolu Tradisional, Barongsai Kecepatan.

Barongsai Halang Rintang, Barongsai Ketangkasan ZUO TOU, Pekingsai Taolu Bebasbdan Pekingsai Kecepatan.

“Walaupun perdana dipertandingkan di arena PON, namun sebagai tuan rumah kita yakin dengan target (6 medali) ini,” kata Peter di Medan.

Peter masih memerlukan kekuatan penuh berupa penambahan atlet untuk memenuhi kuota 31 atlet yang akan bertanding di PON nanti.

Saat ini, FOBI Sumut baru memiliki 13 atlet yang sudah ikut dalam pemusatan latihan daerah (pelatda) Sumut. Ke 13 atlet itu terbagi dalam 8 orang di nomor Tradisional dan 5 orang di nomor Pekingsai.

“Tapi kita masih yakin dengan waktu yang ada kuota itu terpenuhi dan bisa diandalkan pada PON nanti,” yakin Peter yang mengaku sedang mencari pelatih nasional dan juga internasional seperti dari Malaysia dan China.

Oleh sebab itu, pihaknya terus menggenjot persiapan serius terutama pelatihan fisik. Dari segi fisik dan stamina ini menjadi salah satu kelemahan atletnya.

“Maka persiapan terus kita genjot, bahkan lebih sering atlet Barongsai Sumut akan kita ikutkan ke kejuaraan baik nasional hingga internasional sehingga mereka memiliki jam terbang yang banyak dengan bertanding,” jelasnya.

Ia menyebutkan akan membawa tim Barongsai Sumut ke Genting, Kuala Lumpur, Malaysia pada Agustus 2023 mendatang untuk mengikuti Kejuaraan Barongsai yang diikuti 20 negara dari seluruh dunia.

Sementara Bobby C Halim menambahkan FOBI Sumut terus menggeber persiapan atletnya dengan rutin berlatih setiap hari di Lanud Soewondo (latihan teknik) dan Stadion Unimed (fisik).

“Program pelatda kita gelar setiap hari Senin hingga Jumat, untuk Sabtu dan Minggu kita berlatih di Kolam Renang Selayang yang dipantau coach Asep dan David,” pungkasnya.

Sementara, pengawas dan pendamping (Wasping) dari KONI Sumut, Perry Iskandar mengakui kalau target tersebut cukup realistis karena Sumut sebagai tuan rumah.

“Kalau 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu yang menjadi target FOBI Sumut menurut saya itu cukup realistis, apalagi ini olahraga tidak terukur. Sebagai tuan rumah ya itu realistis,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru