25.5 C
Medan
Rabu, Juni 19, 2024

Nadiem Makarim dan Delegasi Pemerintah Qatar Bahas Kolaborasi Pendidikan dan Kebudayaan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Pemerintah Qatar dan rombongan Qatar Museum, yang dipimpin oleh Presiden Qatar National Library, Hamad Al Kuwari, melakukan kunjungan ke Indonesia pada 3 hingga 8 Juni 2023. Kunjungan Hamad Al Kuwari ke Indonesia merupakan bagian dari rangkaian kunjungan delegasi Qatar terkait Qatar Indonesia Year of Culture 2023.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif. Rangkaian kegiatan meliputi kunjungan ke Museum Nasional pada 4 Juni 2023 untuk melihat koleksi benda bersejarah Indonesia serta pertemuan bilateral dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaaan, Riset dan Teknologi, (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim pada tanggal 5 Juni 2023 guna membahas kerja sama bilateral bidang pendidikan dan kebudayaan antar kedua negara.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Mendikbudristek didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal Kebudayaan, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Kelembagaan Masyarakat, Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media, serta Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat.

Sementara itu, State Minister of Qatar didampingi oleh Duta Besar Qatar untuk Indonesia, Director for Cultural Diplomacy Qatar Museums, anggota Qatar Museums, serta Kedutaan Besar Qatar di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Direktur Timur Tengah; Kementerian Luar Negeri; dan Pejabat Penerangan, Sosial, dan Budaya, KBRI Doha juga turut hadir.

“Kemendikbudristek mendorong adanya kolaborasi bidang pendidikan antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Qatar yakni adanya peluang untuk mahasiswa Indonesia mengikuti program satu semester di kampus-kampus di Qatar atau program magang selama satu semester di dunia pendidikan dan industri Qatar,” urai Nadiem.

Selain itu, Mendikbudristek juga menyampaikan program unggulan seperti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Harapannya agar Pemerintah Qatar dan kampus top Amerika Serikat yang berdiri di Qatar dapat menjadi mitra program tersebut.

Peluang kolaborasi tersebut disambut baik oleh pihak Qatar. “Kami mengundang Mendikbudristek berkunjung ke Qatar untuk mendiskusikan dan merealisasikan rencana kerja sama pendidikan dan kebudayaan dengan Qatar”, ujar Hamad Al Kuwari.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, juga mengapresiasi rangkaian kegiatan dalam rangka Qatar Indonesia Year of Culture 2023. Salah satu sorotan dalam rangkaian tersebut adalah Festival Budaya Kopi yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2023 dan Indonesia Festival yang akan menghiasi alun-alun di Qatar pada November 2023.

Pada kesempatan ini, Dirjen Hilmar juga membagikan pengalaman saat berkunjung ke Qatar pada Mei 2023 lalu bersama Staf Ahli Menteri bidang Komunikasi dan Media. Dalam kunjungan tersebut, Dirjen Hilmar bertemu dengan perwakilan Doha Film Institute (DFI) dan menyatakan kesiapan Kemendikbudristek untuk bekerja sama dengan DFI dalam pembuatan film.

Selain itu, Dirjen Kebudayaan juga menyampaikan kesannya melihat koleksi Qatar National Library. Hilmar mengusulkan adanya penelitian bersama mengenai jalur rempah. Kerja sama dalam sektor museum seperti pertukaran koleksi, pameran, dan pelatihan juga menjadi kemungkinan yang disampaikan oleh Dirjen Kebudayaan. Usulan kerja sama ini disambut baik oleh pihak Qatar, yang berkeinginan untuk segera merealisasikannya, terutama dalam kerja sama antarmuseum seperti pertukaran kurator atau bidang khusus Museum.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru