25.5 C
Medan
Rabu, Juni 19, 2024

Balita Positif Sabu Diberi Minum dari Bekas Bong, Kemenkes RI Turun Tangan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Viral balita tiga tahun positif sabu usai diberi air minum oleh tetangganya lantaran kehausan di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Balita tersebut mengalami gejala halusinasi, hiperaktif, hingga tidak bisa makan selama dua hari.

Sempat dikira kesurupan oleh pihak keluarga, balita tersebut dibawa ke rumah sakit jiwa, tes urine menyatakan yang bersangkutan positif metamfetamin.

Fakta baru terungkap, tetangga berinisial ST (51) itu memberikan air minum dalam botol bekas bong yang dipakainya untuk mengisap sabu.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr Siti Nadia Tarmizi MEpid memastikan pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait kasus tersebut.

Balita tersebut juga akan ditempatkan dalam perawatan khusus untuk memastikan narkoba dalam tubuhnya benar-benar sudah tereliminasi.

“Kita akan berkoordinasi dengan BNN untuk proses rehabilitasi dan penanganan lebih lanjut,” ujar dr Nadia saat memberi keterangan kepada media di Jakarta.

Pihaknya juga disebut sudah menyiapkan Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO). “Intinya kita koordinasi dengan BNN dan juga akan melibatkan seperti RSKO,” tutur dr Nadia lanjut.

Diberitakan sebelumnya, Kasat Reskrim Polresta Samarinda Kompol Rengga Puspo Saputro menjelaskan botol bong yang diisi air minum kemudian diberikan pada anak, dipakai ST, Selasa (6/6/2023) malam.

“Botol minum itu jadi bong, (dipakai tersangka) malam sebelum kejadian,” ungkap Kasat Reskrim Polresta Samarinda, Kompol Rengga Puspo Saputro.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru