30 C
Medan
Rabu, Februari 21, 2024

PAUD di Tapsel Diharapkan Segera Sesuaikan Instruksi Kemendikbudristek RI

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tapanuli Selatan (buseronline.com) – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu mengharapkan agar kiranya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Tapsel segera menyesuaikan instruksi dari Kemendikbudristek RI.

Instruksi tersebut menyebutkan agar transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) lebih menyenangkan, sebut Dolly saat menghadiri pelepasan Wisuda dan Pentas Seni Anak TK/PAUD Sipirok Yayasan Naufal Teratai Mandiri Tahun 2023 di Aula Hotel Tor Sibohi, Kecamatan Sipirok.

Tampak hadir Kepala Dinas PPPA Tapsel, Kabid PAUD Tapsel, Camat Sipirok, Lurah/Kepala Desa se Kecamatan Sipirok, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat beserta para orang tua wali murid.

Salah satu transisi yang termaktub dalam instruksi Kemendikbudristek RI yakni, di mana anak usia PAUD tidak lagi wajib menguasai membaca, menulis, dan berhitung (Calistung). Namun, anak usia PAUD harus mendapatkan pendidikan karakter dan akhlak yang baik.

“Paling penting si anak harus mendapatkan pendidikan karakter dan akhlak. Supaya, si anak menjadi pemberani, cerdas, saleh, dan salehah,” terang Dolly.

Kepala Desa Pahae Aek Sagala Kecamatan Sipirok, Robinson Hutasuhut, menyambut baik atas transisi PAUD ke SD yang lebih menyenangkan ini. Menurutnya, program itu sangat bagus, karena pola pendidikan sekarang ini sudah berbeda dengan dahulu.

Hal senada disampaikan Syafrudin, Kepala Desa Sialagundi. Ia mengatakan sebagai Tokoh Masyarakat di desanya, Syafrudin mendukung perubahan yang mengarah ke peningkatan pendidikan PAUD tersebut.

Adapun jumlah wisudawan/wisudawati sebanyak 138 siswa dari tujuh PAUD se Kecamatan Sipirok. Sedangkan TK-PAUD yang diwisuda yakni, TK Mutiara Bangsa, TK Nurul Hasanah, PAUD Al-Hidayah, PAUD Al-Rahman, PAUD Satu Hati, TK Mentari, dan PAUD Ananda Nurul Falah.

Berita Lainnya

Berita Terbaru