23.6 C
Medan
Kamis, Februari 22, 2024

Ketua YKI Sumut Ajak Masyarakat Karo Deteksi Dini

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Karo (buseronline.com) – Ketua Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Sumatera Utara (YKI Sumut) Nawal Lubis mengajak masyarakat khususnya Karo agar mau memeriksakan dirinya atau mendeteksi dini kanker pada tubuhnya.

Hal itu bertujuan agar kanker dapat ditemukan lebih awal. Menurutnya, kanker stadium awal masih bisa diobati atau ditangani.

“Kanker ini masih bisa diobati, maka sejak awal kanker harus kita deteksi, kita harus periksakan kanker ini sejak awal,” kata Nawal saat sosialisasi pencegahan kanker YKI Sumut di Aula Kantor Bupati Karo, Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Ia mengatakan banyak contoh kasus pasien kanker yang bisa bertahan hidup lama, lantaran sejak awal memeriksakan dirinya. Sehingga penanganan kanker masih ringan.

“Sudah banyak contohnya ada pengidap kanker payudara bisa hidup lebih lama,” ujarnya.

Selain itu, ia mengajak seluruh pihak turut mensosialisasikan pentingnya deteksi dini kanker. Hal tersebut membutuhkan kerja bersama dan masif.

Sehingga di masa depan tidak ada lagi keterlambatan penanganan kanker di Indonesia. PKK sendiri, kata Nawal telah memiliki program deteksi dini kanker seperti Iva test.

Nawal mengapresiasi PKK yang selama ini telah bergerak menjalankan program Iva test atau deteksi dini kanker leher rahim.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Safrina mengapresiasi kehadiran sosialisasi yang digelar oleh YKI Sumut di Karo. Ia berterima kasih lantaran YKI Sumut memilih Karo sebagai tujuan sosialiasi.

“Diharapkan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pencegahan kanker,” kata Irna.

Pemkab Karo sendiri sejalan dengan YKI yang juga fokus dengan pencegahan kanker.

“Fokus Pemkab Karo diprioritaskan pada pencegahan dan deteksi dini kanker, serta penemuan dini kanker pada anak,” ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Karo Cory Sebayang, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut Suherman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kependudukan Catatan Sipil Sumut Parlindungan Pane.

Berita Lainnya

Berita Terbaru