30 C
Medan
Rabu, Februari 21, 2024

Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Dandim 0207/Simalungun Panen Perdana Sorgum di Kelurahan Merekraya

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi bersama Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani melakukan panen perdana tanaman sorgum, di Kelurahan Merekraya, Kecamatan Raya.

Hadir juga Dandim 0207/Sml Hadrianus Yossy, Kapolres Simalungun diwakili Kompol G Damanik dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar Muqorobin.

Lahan sorgum tersebut dikelola Rode Simbolon, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalovma. Sekali panen mampu menghasilkan sekira 150 Kg sorgum.

Rode mengatakan UMKM dirintis dalam usaha pangan lokal melalui budidaya sorgum dan sudah berlangsung selama 5 tahun guna meminimalisir penggunaan tepung terigu, namun memanfaatkan tepung sorgum setelah diolahnya.

“Sudah banyak olahan dari sorgum yang diproduksi UMKM Dalovma,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Zonny menjelaskan tanaman sorgum memiliki cukup banyak manfaat. Bahkan, dinilai bisa sebagai makanan pengganti nasi yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

“Kita apresiasi. Tanaman sorgum memiliki daya adaptasi sangat baik, mengandung gizi tinggi, cocok untuk anak-anak stunting,” urainya.

Sorgum dinilai bisa tumbuh pada ketinggian 0 sampai 800 mdpl (meter di atas permukaan laut). Masa panen sekali dalam tiga bulan.

“Ini langkah yang baik untuk pengendalian inflasi. Bisa menjadi langkah inovasi untuk ke depan dan ini bisa dikembangkan untuk pengolahan dari hulu ke hilir,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Muqorobin.

Panen perdana tanaman sorgum tersebut merupakan pembinaan ketahanan pangan tahun 2023 Kodim 0207/Sml.

Dandim Hadrianus Yossy berharap sorgum dapat mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan stunting.

Berita Lainnya

Berita Terbaru