30 C
Medan
Rabu, Februari 21, 2024

Audiensi dengan Gubernur Sumut, Alumni Universitas Gadjah Mada Apresiasi Dukungan Pemprov

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pengurus Daerah Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Provinsi Sumatera Utara (Pengda Kagama Sumut) memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, dalam memfasilitasi lokasi gedung ujian jalur seleksi Ujian Mandiri-Computer Based Test (UM-CBT) masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2023.

“Kami alumni apresiasi atas dukungan Bapak Gubernur Edy Rahmayadi dan Pemda-nya atas support yang begitu besar, untuk Indonesia, Pemprov Sumut lah yang memberikan gedung ujian, ini akan kami sampaikan ke pengurus pusat, bahkan Bapak Menteri,” ucap Ketua Kagama Sumut RM Muliata Sitepu, saat beraudiensi dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, di Hall Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Nomor 41 Medan.

Muliata Sitepu mengatakan penerimaan mahasiswa baru UGM untuk jalur UM-CBT yang dilaksanakan di Sumut adalah kesempatan yang diberikan pihak UGM kepada alumni di daerah, salah satunya alumni di Sumut, untuk memberikan kesempatan anak-anak Sumut bisa melanjutkan pendidikan di UGM.

“UGM berbesar hati pelaksanaan UM-CBT tahun ini tidak hanya dilaksanakan di Jogyakarta, tetapi UGM hadir di daerah dengan memberdayakan alumninya untuk menjaring anak-anak di seluruh Indonesia,” kata Sitepu, yang hadir bersama Sekretaris Kagama Sumut Budi Siswoyono, beserta panitia UMB-CBT UGM Medan.

Menurutnya, ini adalah kesempatan bagi anak-anak Sumut, mengingat setiap tahunnya jumlah anak Sumut yang menempuh pendidikan di UGM terus berkurang.

“Saat ini hanya 13% mahasiswa UGM berasal dari luar Pulau Jawa dan dari 13% itu hanya 2% berasal dari Sumut, mungkin salah satu kendalanya jarak waktu ujian, jadi UGM hadir di Medan,” jelasnya.

Disampaikan juga, selama pembukaan penerimaan mahasiswa UGM untuk jalur UM-CBT sebanyak 10.192 calon mahasiswa UGM berasal dari Sumut, dengan berbagai jurusan telah mendaftarkan diri.

“Untuk pelaksanaan UM-CBT tahun 2023, semua perangkat komputer dan soal dibawa dari UGM, kita akan buat empat gelombang yang akan dimulai pada 22 – 24 Juni 2023 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, dan kami berharap Bapak Gubernur bisa hadir meninjau langsung pelaksanaan ujian nanti,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan tidak saja membuka jalur penerimaan bagi anak-anak Sumut untuk melanjutkan pendidikan di UGM, tapi perlu juga dukungan dari para alumni UGM untuk kemajuan dunia pendidikan di Sumut.

“Saya berharap alumni UGM memberi masukan dan saran untuk kemajuan Sumut. Sumut yang luas, potensi pertanian, ekonomi bisa menjadi peluang kemajuan Sumut,” harapnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru