30.6 C
Medan
Senin, Maret 4, 2024

SMP-SMA Satu Padu Boarding School Tiga Juhar Panen Karya Kurikulum Merdeka/Sekolah Penggerak

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Deliserdang (buseronline.com) – Sekolah Menengah Pertama -Sekolah Menengah Atas (SMP-SMA) Satu Padu Boarding School-Tiga Juhar, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang yang ditetapkan sebagai sekolah penggerak dalam meningkatkan kompetensi siswanya melaksanakan panen raya kurikulum merdeka/sekolah penggerak.

Sesuai dengan konsep dan arahan pada Kurikulum Merdeka, ada lima projek yang dilaksanakan oleh siswa dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka, diataranya: Anti Perundungan, Ekonomi Kreatif, Kearifan Loka, Pentas Seni dan Literasi.

Kegiatan gelar Panen Karya P5 yang baru pertama kali diadakan ini terwujud atas kerjasama siswa, Tim P5 dan seluruh warga sekolah. Hasil produk dari ke-lima tema P5 antara lain: Anti Perundungan, Ekonomi Kreatif, Kearifan Loka, Pentas Seni dan Literasi.

Sebagai salah satu sekolah penggerak dan sekaligus promotor Kurikulum Merdeka di Kecamatan STM Hulu, SMP/SMA Satu padu Boarding School Tiga Juhar menggelar sebuah acara panen karya Kurikulum Merdeka SMP/SMA Satu Padu Boarding School Tiga Juhar di penghujung tahun ajaran 2022/2023 di Aula Sekolah.

Dalam gelar karya P5 ini siswa/siswi mempersembahkan berbagai hasil karya dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila antara lain: Tema Anti Perundungan (lagu Anti Perundungan), tema Ekonomi Kreatif (Masakan tradisional: Tape, Manuk susun dan Ikan mas arsik), tema Kearifan Lokal (Peluncuran buku yang sudah diterbitkan hasil penelitian ilmiah siswa/i Tugu juang 45 Rumah Liang), tema Pentas Seni (kolaborasi music daerah dan Tarian daerah) dan tema Literasi (Peluncuran buku yang sudah diterbitkan hasil karya ilmiah siswa/i).

Di samping pagelaran hasil karya, acara juga dimeriahkan dengan pertunjukan tarian tradisional dan alunan musik ansambel angklung dan gondang batak.

Bonaventura Palma Sitepu SSn sebagai ketua panitia penyelenggara gelar karya ini pada kesempatan turut menyampaikan penyambutan dan laporan terlaksananya acara.

Dilanjutkan dengan kata sambutan dari kedua kepala sekolah Natalius Tarigan SFil (kepala SMP Satu Padu Boarding School) dan P Blasius Kiik SFil (Kepala sekolah SMA) yang menyambut baik tamu undangan sekaligus ucapan terima kasih kepada semua tamu yang hadir.

Sebuah kebanggaan untuk SMP dan SMA Satu Padu Boarding School karena acara gelar karya P5 ini turut dihadiri Ketua Komisi Pendidikan Ordo Fransiskan Konventual (P Yohanes Eduardus Padyana OFMConv) Pengurus Yayasan Betlehem Bandar Baru (P Yohanes Kefi SFil), Kepala Cabang Wilayah 1 Sumut August Sinaga SPd SSt MAP, Dinas Pendidikan Deliserdang yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Dra Elfiami Sinambela MPd.

Kemudian dihadiri pengawas, fasilitator, Anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang (Ketua Fraksi Golkar) Mikail TP Purba SH sebagai Wakil Ketua I Majelis Kebudayaan Daerah Deliserdang periode 2021-2024 dan dr Thomas Darwin Sembiring, Muspika STM Hulu, kepala sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK yang berada di sekitaran Desa Tiga Juhar, orang tua/wali siswa/i dan perwakilan masyarakat sekitar Tiga Juhar.

Dalam sambutannya, August Sinaga sangat mengapresiasi kegiatan itu khususnya hasil produk P5 siswa/i dalam bentuk buku yang telah berhasil diterbitkan.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi, sebab apa yang dilakukan siswa/i kita ini sangat luar biasa, sebab karya ilmiah yang dilakukan siswa/i ini merupakan hasil/produk asli dari kegiatan akademik,” kata Sinaga.

Selain itu di layar raksasa (LED) pentas disajikan video tentang proses pembelajaran, persiapan gelar karya, foto-foto siswa, keadaan asrama dan sekolah yang membuat mata para penonton tetap tertuju ke depan.

Selingan tarian pertunjukan dan penampilan lagu dan musik angklung menambah semaraknya Gelar Karya SMP/SMA Satu Padu Boarding School Tiga Juhar.

Tepuk tangan dan riuh penonton terdengar sangat meriah di setiap pertunjukan siswa.

Suksesnya acara Gelar Karya tersebut tidak lepas dari kerja sama dan campur tangan semua warga sekolah baik siswa, guru, pembina asrama, staf pegawai, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Acara diakhiri pengumuman para juara dan pembagian raport siswa TP 2022/2023.

Berita Lainnya

Berita Terbaru