22.8 C
Medan
Sabtu, Juni 22, 2024

Ini Pembahasan Wakil Bupati Samosir saat Terima Kunjungan Wakil Dubes Amerika Serikat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Samosir (buseronline.com) – Badan pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Samosir. Kehadiran Wakil Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Michael Kleine bersama rombongan diterima Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang di Lobby Lantai II, Kantor Bupati Samosir.

Kunjungan Tim USAID untuk melakukan diskusi tentang tantangan pembangunan di Kabupaten Samosir dan berbagai program yang telah dilaksanakan di Kabupaten Samosir.

Turut hadir Jeffery Cohen, USAID Mission Director, Jeremy Meadows, Democratic Resilient Governance Office Director USAID Merita Gidarjati (Project Management Specialist USAID), Erman Rahman (Activity Director USAID ERAT, Ester Manurung (Project Management Specialist USAID), Harry Masyarafah (Provincial Coordinator USAID ERAT Sumut.

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang didampingi Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Kesehatan Dina Hutapea, Kadis Sosial PMD Agus Karo-karo, Kadis P3AKB Priska Situmorang, Sekretaris Bappeda Litbang Samosir menyambut hangat kehadiran USAID di Kabupaten Samosir.

“Atas nama Pemkab Samosir mengucapkan selamat datang di Samosir, Negeri Indah kepingan surga.Kami harap bapak/ibu sekalian bisa menikmati keindahan alam Samosir dan objek wisata yang ada,” kata Martua menyambut kehadiran tim USAID.

Disampaikan, berbagai program USAID di Kabupaten Samosir dapat terus berlanjut dalam hal penanganan stunting, pengentasan kemiskinan, program satu data dan SPBE.

Dalam kesempatan tersebut, Martua Sitanggang mengharapkan adanya program pengolahan air baku (air bersih) dari USAID untuk masyarakat Kabupaten Samosir.

Mewujudkan suatu daerah yang maju ketika kemiskinan dapat ditekan, dengan demikian masalah stunting juga dapat diatasi, dengan menurunnya kemiskinan maka akan ada kemakmuran masyarakat.

Namun dalam hal tersebut memerlukan dana. Untuk itu, Wabup meminta USAID untuk melakukan aksi nyata langsung kepada masyarakat yang diakomodir Pemkab Samosir.

“Kami membutuhkan Bantuan berupa project pengentasan kemiskinan dan stunting, berupa Hibah langsung kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selain berbicara program, Wakil Bupati Samosir berharap tim USAID menikmati keindahan alam dan objek wisata dan dapat membawa nama Samosir ke Amerika.

Sementara, Michael Kleine mengaku senang berkunjung ke Kabupaten Samosir. “Saya senang bertemu dengan bapak/ ibu semua, terima kasih atas kesempatannya,” kata Michael.

Melalui kunjungannya, Michael mengatakan USAID dapat berdiskusi tentang tata kelola pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Samosir.

Melanjutkan Program USAID serta dapat belajar lebih lanjut untuk mewujudkan prioritas pembangunan di Kabupaten Samosir.

“Dengan bekerjasama akan dapat lebih memahami pembagunan, USAID dapat meningkat kinerja dan program untuk Samosir. Melanjutkan kolaborasi untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, sejauh ini USAID telah memberikan bantuan kepada Pemkab Samosir. Melalui kerjasama USAID ERAT propinsi dan pusat akan tercapai kerjasama yang lebih baik lagi.

Dalam hal air bersih, Michael menyampaikan pihaknya akan mencari solusi, menarik pihak yang dapat diajak bekerjasama.

“Kami memahami bahwa samosir banyak program prioritas, terutama dalam hal air bersih, kami akan berusaha mencari solusi untuk menarik sumber daya yang bisa memberikan bantuan teknis dalam mewujudkan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Samosir,” ucapnya.

USAID Mission Director, Jeffery Cohen mengajak Pemkab Samosir untuk secara bersama-sama mewujudkan potensi yang ada dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Dengan kemitraan semuanya akan berjalan dengan baik,” katanya.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru