27.8 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Libur Panjang Idul Adha, PGN Subholding Gas Pertamina Pastikan Keamanan Penyaluran Gas Bumi di Berbagai Daerah

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Selama libur dan cuti bersama Idul Adha 1444 H, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina memastikan ketersediaan dan pasokan gas bumi untuk masyarakat dalam kondisi aman. PGN bersama bersama segenap Anak Perusahaan/ Afiliasi menjaga keamanan gas bumi baik pipa maupun non pipa, beserta seluruh infrastruktur pendukungnya.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menjelaskan bahwa pasokan gas bumi saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan PGN baik rumah tangga, pelanggan kecil/ UMKM, pembangkit listrik, industri & komersial, dan transportasi di berbagai daerah.

Pasokan PGN saat ini untuk memenuhi kebutuhan gas bumi sampai dengan 867 BBTUD. Kegiatan operasi dalam Oil transportation juga dalam kondisi aman, dapat mengangkut ±184.503 BOPD.

“PGN menjamin keandalan penyaluran untuk mendukung aktivitas pelanggan rumah tangga yang merayakan Idul Adha dan siaga melayani masyarakat apabila terjadi kendala penggunaan gas bumi. PGN juga tetap menjaga keandalan distribusi gas untuk operasional industri, pembangkit listrik PLN, dan transportasi,” ujar Faris, seperti dilansir dari Pertamina.

Jumlah pelanggan rumah tangga merupakan pelanggan PGN dengan jumlah terbanyak yakni 837.783 Sambungan Rumah (SR) dan tersebar di 73 kota/ kabupaten 17 provinsi. Secara total, penyerapan gas bumi di sektor rumah tangga kurang lebih 11 BBTUD.

Sedangkan untuk pelanggan industri, saat ini PGN melayani sebanyak 2.925 pelanggan. Kemudian 1.926 pelanggan pelanggan kecil/ UMKM.

PGN Group memanfaatkan pasokan dari multisource dan diutilisasi menggunakan infrastruktur yang aktif digunakan yakni 25.850 km jaringan pipa gas, 13 SPBG, 4 MRU, dan 3 LNG Terminal. Kegiatan penyaluran gas bumi PGN Group ke pelanggan saat ini dalam status kondisi aman di wilayah Sumatera, Jawa Bagian Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

“PGN juga terdapat tim yang siaga 24 jam dan terus berkoordinasi juga dengan Pertamina selaku Holding Migas terkait keamanan pasokan dan penyaluran gas. Di sisi lain, kami siaga agar jika terjadi potensi gangguan dapat segera ditangani,” jelasnya.

Saat ini, nomor aduan sehubungan gas bumi PGN Group telah terintegrasi dengan Pertamina. Call Center di nomor 135 aktif 24 jam untuk dihubungi apabila masyarakat membutuhkan bantuan. PGN menjaga performa agar seluruh kebutuhan gas terpenuhi, serta operasional penyaluran gas bumi berjalan dengan normal dan aman selama libur panjang Idul Adha tahun ini.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina akan terus mengembangkan infrastruktur gas bumi untuk memperluas jangkauan pelanggan.

“Infrastruktur gas sangat penting untuk menjadikan gas bumi sebagai energi transisi,” ujar Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Berita Lainnya

Berita Terbaru