28 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Akademisi USU Roy Ginting Harapkan Presiden Jokowi Tunjuk Prof Muryanto Amin Sebagai Pj Gubernur Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi akan mengakhiri masa jabatan pada 5 September 2023 mendatang.

Mencermati hal ini, akademisi USU Roy Fachraby Ginting SH MKn mengharapkan agar Sumut dapat diprioritaskan jabatan Pejabat (Pj) Gubernur Sumut dari kalangan akademisi dan sosok yang terbaik dan paling tepat untuk itu adalah Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin.

“Karena beliau adalah figur yang sangat paham secara menyeluruh mengenai Sumut,” kata Roy Fachraby Ginting SH MKn yang merupakan Dosen di lembaga UPT PP LIDA USU ini.

Ia mengatakan pengajuan nama Prof Dr Muryanto Amin menjadi Pejabat Gubernur Sumut tentu sudah melalui berbagai kajian politik dan kepentingan pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Sumut butuh pemimpin yang netral dan bisa diterima oleh semua pihak.

“Gubernur Sumut dari kalangan akademisi diharapkan akan memiliki pemikiran hebat mengenai skala prioritas pembangunan Sumut ke depan dan hal ini tidak terlepas dari pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh Prof Dr Muryanto Amin dalam pemahaman yang mendalam tentang teori dan penelitian dalam bidang tertentu, yang memungkinkannya untuk menentukan kebijakan publik serta memahami pelbagai isu yang kompleks di Sumut dalam mengantarkan suksesi kepemimpinan Gubernur Sumut ke depan,” kata Roy.

Ia mengatakan sosok Prof Dr Muryanto Amin dinilai cocok dan pas sebagai Pj Gubernur Sumut yang nantinya tentu harus memahami Sumut mulai dari aspek demografi, topografi, hingga karakter Sumut yang berwarna.

Selain itu, Muryanto Amin sebagai Pj Gubernur Sumut diharapkan dapat memahami persoalan yang ada di berbagai perspektif dan hal ini tentu sangat cocok mengingat beliau selama ini adalah dosen serta mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik di USU dan saat ini menjadi Rektor USU yang tercatat cukup berprestasi mengantarkan USU yang berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang tertuang dalam sertifikat BAN-PT Nomor: 1517/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022.

Untuk itu, Roy mengharapkan Menteri Dalam Negeri dapat memberikan pertimbangan kepada Presiden Joko Widodo agar Pj Gubernur Sumut merupakan sosok dan figur akademisi yang bertugas di Sumut dan tentu harus paham kultur sosial budaya di Sumut baik dari segi demografi kependudukan, topografi wilayah, kemudian karakter yang lebih begitu berwarna, dan memahami juga persoalan di Sumut dari berbagai perspektif dan hal itu itu semua ada pada diri Prof Dr Muryanto Amin.

Roy juga berharap agar Pj Gubernur Sumut nantinya dapat membawa iklim kebhinekaan yang menyegarkan di Sumut. Sehingga Sumut bisa bangkit ke depannya.

“Kita berharap Pj Gubernur Sumut yang akan hadir di Sumut akan membawa sesuatu yang lebih menyegarkan dengan kondisi bagaimana Sumut bisa bangkit ke depannya dengan kepemimpinan Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin sebagai Pejabat Gubernur Sumut yang tentunya hal ini kita harapkan dapat diusulkan oleh DPRD Sumut untuk direkomendasikan ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk ditetapkan menjadi Pj Gubernur Sumut,” ungkapnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru