23.4 C
Medan
Rabu, September 18, 2024

Kabupaten Humbahas Peringati Hari Anak Nasional

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Hari Anak Nasional diperingati di Kabupaten Humbahas yang dipusatkan di Aula Hutamas, Komplek Perkantoran Tano Tubu, Kecamatan Dolok Sanggul.

Kegiatan ini mengambil tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan sub tema “Pengasuhan Layak Untuk Anak Indonesia.”

Diawal acara Hari Anak Nasional ini dimeriahkan penampilan drummer cilik David Sadrakh Banjarnahor dan penyanyi kondang Music Master/Marketing Doctor From Italy Mauro Goia bersama istrinya Indonesia Singer Megawati Sihombing (MauroMega).

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE menyampaikan bahwa Anak adalah potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis.

Anak juga mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, dan sosial secara utuh.

Masa depan bangsa Indonesia pun berada di tangan anak-anak saat ini. Semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa.

Pada kesempatan ini Dosmar menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah berjuang dan turut membantu dalam penanggulangan stunting di Kabupaten Humbahas sehingga angka prevalensi stunting bisa dibawah 10%.

Permasalahan prevalensi stunting karena rendahnya pola asuh anak dalam keluarga, ketidaktahuan masyarakat. Oleh karena itu, upaya pemberdayaan pola asuh anak, orang tua harus senantiasa kita budayakan dalam tujuh fase, salah satunya bagi anak remaja secara khusus anak perempuan umur 12 tahun.

Dengan memperhatikan tumbuh kembangnya anak-anak kita, maka masa depan mereka akan lebih baik, demikian juga masa depan bangsa dan negara akan lebih baik secara Khusus Kabupaten Humbahas yang kita cintai ini.

Pada kesempatan yang sama, Bunda PAUD Ny Linda Dosmar Banjarnahor menyampaikan selamat Hari Anak Nasional Tahun 2023. Kiranya anak-anak Indonesia bisa terlindungi sehingga Indonesia semakin maju.

Sebelum pelaksanaan acara di Aula Hutamas, anak-anak Humbahas melaksanakan Pawai “Marching Band” dengan berbagai atraksi yang dilepas oleh Bunda PAUD dari Simpang Bakara sampai Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu.

Kegiatan dalam Hari Anak Nasional Tahun 2023 di Kabupaten Humbahas antara lain lomba fashion, lomba musik tradisional dan lomba tarian tradisional yang masing-masing diikuti dari 10 kecamatan yang ada di Humbahas.

Selain itu, acara juga diisi dengan pertunjukan kreativitas dari sanggar seni dan SMP, Forum Anak Daerah Humbahas. Pertunjukan K-POP, Pertunjukan anak-anak SD dan lagu solo.

Adapun juara-juara pada kesempatan lomba Antara lain lomba fashion show juara I dengan nomor undi 10, juara II dengan nomor undi 3 dan juara III dengan nomor undi 1.

Untuk lomba musik tradisional, juara I dari Kecamatan Baktiraja, juara II dari Kecamatan Parlilitan dan juara III dari Kecamatan Dolok Sanggul.

Untuk lomba tarian tradisional, juara I dari Kecamatan Dolok Sanggul, juara II dari Kecamatan Pollung dan juara III dari Kecamatan Onan Ganjang.

Turut hadir, Wakil Ketua TP PKK Humbahas Ny Erma Oloan Paniaran Nababan, Ketua Adhyaksa Dharma Humbahas, Karini, Ketua Bhayangkari Humbahas Ny Nita Hary Ardianto, dari Persit, Kartika Chandra Kirana dan undangan lainnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru