26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

LPPM USU Launching Desa Saran Padang Menuju Sentra Pangan Sehat dan Masyarakat Sehat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM USU) melaunching Desa Saran Padang, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, yang merupakan desa binaan menuju sentra pangan dan masyarakat sehat pada tanggal 9-10 Juli 2023.

Kegiatan yang bersamaan dengan pesta rakyat dan kerja tahunan itu dikatakan Ketua Tim Destanul Aulia SKM MBA MEc PhD, bahwa melaunching desa binaan menuju desa sentra pangan sehat dan masyarakat sehat ini bertujuan untuk membina desa serta masyarakat agar dapat mengembangkan sumberdaya alam lokal menjadi desa mandiri dan sejahtera serta mewujudkan lingkungan pertanian yang sehat.

“Desa ini memiliki keunggulan yang layak kita bina, selain memiliki alam yang subur, iklim yang baik dan kebiasaan bertani yang baik, desa ini juga memiliki komoditi unggulan seperti tomat, nenas dan bawang,” kata Destanul kepada wartawan.

Peluncuran desa Desa Saran Padang Menuju Sentra Pangan Sehat dan Masyarakat Sehat itu dihadiri dari berbagai kalangan, mulai warga dari desa itu sendiri, pangulu nagori Saran Padang, Camat Kecamatan Dolok Silau, Bupati Simalungun (diwakili), Sekretaris LPPM USU.

Dalam kesempatan itu untuk memaksimalkan kerjasama, LPPM USU juga melakukan MoU dengan Pemerintah Nagori Saran Padang, tandatangan MoU dilakukan Kepala Nagori Saran Padang Robinson Tarigan AMD dengan Sekretaris LPPM USU DR Meutia Nauly SPsi MSi Psikolog.

Destanul menyatakan adapun tim kegiatan pelaksana desa binaan tahun ajaran 2023 ini berasal dari lintas fakultas yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Pertanian, Fakultas Psikologi.

Ketua Tim, Destanul Aulia SKM MBA MEc PhD, Wakil Ketua RB Moh Ibrahim Fatoni SPi MP, Sekretaris Sri Fajar Ayu MM DBA, Wakil Sekretaris Dr dr Dewi Masyithah Darlan DAP&E MPH SpPark.

Acara puncak peresmian Nagori Saran Padang sebagi desa binaan USU ini sekaligus penyerahan beberapa alat sebagi simbol kerja sama antara Nagori Saran Padang dengan USU.

Sementara itu, acara yang dimulai pada Minggu, 9 juli 2023 ini disambut antusias warga dimana warga desa berkumpul di jambur pada malam hari untuk menyaksikan acara tari-tarian yang dibawakan oleh pemuda/pemudi desa setempat. Besok harinya pada Senin 10 Juli 2023, merupakan acara puncak peresmian Nagori Saran Padang sebagai desa binaan USU.

Berita Lainnya

Berita Terbaru