27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Kejurda Forki Sumut 2023 Ditutup, Medan Juara Umum

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kontingen Kota Medan berhasil menjadi juara umum Kejuaraan Daerah (Kejurda) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Piala Gubernur Sumut yang berakhir Minggu (23/7/2023) di Gedung Serbaguna Unimed. Forki Medan berhasil meraih 15 emas, 13 perak dan 2 perunggu.

Raihan Kota Medan unggul jauh dari peringkat kedua yang ditempati Deliserdang dengan 7 emas, 4 perak, dan 8 perunggu. Posisi ketiga ditempati Perguruan Shindoka dengan 5 emas, 2 perak, dan 7 perunggu.

Sementara gelar Best of The Best kadet putra diraih M Dhijey Lexie (Forki Deliserdang), kadet putri diraih Angel (PPLP Sumut), junior putra diraih Bryan Sirait (KKI Sumut) dan junior putri diraih Safriza Putri (Forki Medan).

Selanjutnya, Best of The Best U-21 putra diraih Aji Nugraha A Hasibuan (Forko Binjai), Best of The Best U-21 putri diraih Syahla Amelia (Inkai Sumut), Best of The Best senior putra diraih Daniel Hutapea (Forki Toba), dan Best of The Best senior putri diraih Nicky Dwi Oktary (Forki Medan).

Kejuaraan Forki Sumut ini ditutup Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Edy mengaku bangga dengan Forki Sumut yang terus berusaha untuk melahirkan atlet berprestasi.

“Karate merupakan satu kebanggaan bagi Sumut. Saya ingin karate terus dikembangkan. Karate akan dimainkan di lokasi ini (Gedung Serbaguna Unimed). Atlet Sumut harus tahu dan paham dengan lokasi ini,” ujarnya.

Ia menambahkan karate merupakan salah satu andalan Sumut di PON 2024 mendatang. Ia berharap agar atlet Sumut tidak dipecundangi di rumah sendiri.

Ia juga memuji Pengprov Forki Sumut yang telah menggelar kejuaraan itu dengan baik.

Sedangkan, Ketua Pengprov Forki Sumut DR H Rahmat Shah kembali menekankan target karate Sumut di PON 2024 mendatang.

Ia menegaskan karate Sumut harus menjadi juara umum pada PON 2024 mendatang. “Buktikan kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dan meraih juara,” pesannya.

Rahmat Shah mengucapkan selamat kepada juara. Begitu juga dengan yang belum juara, dia berharap agar terus meningkatkan latihan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga kejuaraan ini bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Kejurda Forki Sumut ini diikuti 586 karateka dari 43 kontingen. Rinciannya 24 pengcab Forki se Sumut dan 18 pengprov perguruan, ditambah 1 PPLP Sumut.

Kejurda ini mempertandingkan 59 nomor pertandingan dengan 4 nomor lomba, yakni kadet, junior, U-21, dan senior.

Berita Lainnya

Berita Terbaru