29 C
Medan
Selasa, Oktober 22, 2024

Bupati Sergai Ajak Seluruh Pihak Lindungi dan Penuhi Hak-hak Anak

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Bupati Sergai H Darma Wijaya menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023 yang digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Kualitas anak dan generasi muda menjadi perhatian bupati dalam sambutannya kali ini. Menurutnya, tumbuh kembang anak akan menentukan tingkat kemajuan bangsa.

Ia meyakini setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial.

“Tidak kalah penting, anak juga harus memeroleh perlindungan dan terpenuhi hak-haknya. Upaya membangun karakter anak merupakan sebuah kewajiban berkelanjutan yang hasilnya akan terlihat dalam beberapa dekade mendatang,” sebutnya.

Baginya, anak-anak Indonesia harus tumbuh sehat, harus sekolah setinggi-tingginya, harus memiliki identitas, harus dibesarkan dengan kasih sayang, harus dilindungi dari kekerasan, eksploitasi dan berbagai perlakuan salah lainnya, serta harus aktif berpartisipasi dan bersuara namun juga harus didengarkan oleh orang dewasa.

“Semua harus bergerak menyatukan kekuatan untuk melindungi anak-anak dari hal-hal yang tidak baik agar Indonesia maju karena memiliki generasi yang unggul,” ajaknya.

HAN tahun 2023 ini, lanjut Darma Wijaya, merupakan peringatan ke 39 dengan tema “Anak terlindungi, Indonesia maju” yang bertujuan sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

“Dengan tema ini, diharapkan dapat memotivasi kita semua dalam pendidikan/pengasuhan anak, menurunkan kekerasan terhadap anak, menurunkan pekerja anak, mencegah perkawinan anak, memenuhi hak anak, dan perlindungan terhadap anak,” sebutnya.

Untuk memerhatikan hak-hak anak, ia mengajak para OPD terkait untuk aktif bekerja.

“Saya imbau kepada seluruh OPD dan jajarannya, selaku tim gugus tugas kabupaten layak anak sesuai dengan tupoksi dan kewenangan masing-masing untuk benar-benar berperan aktif dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak,” tegasnya.

Khusus kepada anak-anak Sergai, Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini, menitip pesan agar dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan benar.

Ia juga meminta agar anak-anak menghormati orang tua dan guru, cintai keluarga, masyarakat, teman, tanah air, bangsa dan negara.

“Tunaikanlah ibadah, taatilah etika dan jadilah insan berakhlak mulia. Bangunlah solidaritas, kesetiakawanan dan toleransi serta semangat untuk maju, berprestasi dan berbagi,” katanya memberi nasihat.

Dalam kesempatan itu, ia juga menegaskan bahwa Pemkab Sergai telah menyiapkan mobil patroli yang akan digunakan untuk menjaga kemanan wilayah Sergai, terutama dari para pelaku aksi begal.

“Untuk pengamanan wilayah Kabupaten Sergai, mobil patroli sudah kita siapkan untuk digunakan tim pemburu preman atau pemburu begal. Jadi, jangan ada rasa takut lagi, jangan ada rasa was-was lagi,” katanya.

Peringatan HAN yang dirangkai dengan pelantikan Forum Anak Sergai periode 2023-2025 serta diwarnai pemotongan tumpeng tersebut turut dihadiri Kapolda Sumut diwakili Dirkrimum Kombes Pol Sumaryono, Wakil Bupati Sergai H Adlin Tambunan, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Febrianto, Kajari diwakili Kasi Intelijen Romel Tarigan.

Kemudian, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Sumut diwakili Kabid Pemenuhan Hak Anak dan Kualitas Keluarga Syafiadar Turismiani, serta para OPD Pemkab Sergai.

Berita Lainnya

Berita Terbaru